Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Ingin Bikin Aplikasi Telekonferensi Mirip Zoom

Kompas.com - 07/04/2020, 19:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi teleconference Zoom Meetings tengah naik daun di tengah kebijakan work from home (WFH) akibat wabah orona. Sejumlah lembaga pemerintah pun memanfaatkan aplikasi tersebut untuk diskusi atau rapat jarak jauh. 

Meski demikian, tak sedikit pula mereka yang menilai bahwa aplikasi bikinan perusahaan Amerika Serikat itu bisa mengancam privasi dan keamanan penggunanya.

Menkominfo Johnny G. Plate pun menyadari hal tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari beberapa model aplikasi virtual meeting serupa, agar nantinya ada aplikasi Zoom ala Kominfo

Baca juga: Cara Mengamankan Telekonferensi Zoom dari Orang Tak Diundang

"Kami (sedang) mempelajari bagaimana untuk membangun satu aplikasi sendiri di lingkungan Kominfo dan dikendalikan melalui central control Kominfo atau pemerintah," kata Johnny di sela rapat kerja bersama Komisi I DPR RI secara online, Selasa (7/4/2020).

Menkominfo Johnny G. Plate dalam rapat kerja online yang digelar bersama Komisi 1 DPR, Selasa (7/4/2020).streaming.dpr.go.id Menkominfo Johnny G. Plate dalam rapat kerja online yang digelar bersama Komisi 1 DPR, Selasa (7/4/2020).

"Kami juga sedang menjajaki bagaimana untuk membangun sistem (virtual meeting) itu, sehingga keamanan dan kerahasiaan rapat-rapat negara dapat terjaga dengan baik," imbuh Johnny.

Kendati demikian, Johnny tidak mengumbar timeline atau kapan aplikasi yang dimaksud bakal dirilis. Johnny mengatakan bahwa nantinya Kominfo akan memberikan update untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

Untuk saat ini, Johnny menambahkan bahwa pemerintah sudah mempunyai model aplikasi virtual meeting alternatif yang dibuat oleh Telkomsel. Meski tidak disebutkan, aplikasi semacam itu kemungkinan adalah platform bernama CloudX. 

Baca juga: Dukung Kerja dari Rumah, Langganan CloudX Meeting Digratiskan Sebulan

Adapun aplikasi CloudX menyediakan layanan teleconference untuk kebutuhan corporate dan education, serta mampu menampung hingga 100 orang dalam satu sesi.

Aplikasi CloudX sendiri bisa diunduh dan diakses di beragam platform, mencakup Android, iOS, Windows, serta MacOS.

Johnny sendiri tidak menjelaskan aplikasi apa yang digunakan Kominfo menggelar rapat kerja bersama anggota Komisi I DPR RI sore tadi. Namun jika benar menggunakan layanan Zoom sekalipun, ia memastikan seluruh percakapan bakal diawasi dan terjaga kerahasiaannya. 

"Kami berkomunikasi dengan Sekretariat Kabinet untuk memastikan agar seluruh komunikasi penting pemerintah dijaga dengan baik, sehingga kerahasiaan (dan keamanannya) itu bisa terjamin," pungkas Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com