Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Smartphone dengan Kamera 192 Megapiksel?

Kompas.com - 09/04/2020, 14:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Resolusi kamera smartphone agaknya bakal makin tinggi. Menurut satu rumor yang berasal dari Digital Chat Station, pembuat ponsel asal China, bulan depan akan meluncur sebuah perangkat dengan kamera beresolusi setinggi 192 megapiksel.

Vendor smartphone tersebut disinyalir adalah Xiaomi, sementara sensor 192 megapiksel di kameranya dibuat oleh Samsung. Kedua pabrikan tersebut memang dikenal memiliki kemitraan dalam hal pasokan komponen kamera.

Baca juga: Samsung Siapkan Kamera 150 Megapiksel untuk Xiaomi?

Ponsel berkamera 108 megapiksel pertama di dunia, Xiaomi Mi Note 10 Pro, misalnya, menggunakan sensor kamera Isocell Bright HMX yang tak lain merupakan bikinan Samsung.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/4/2020), baru-baru ini Samsung juga sempat dikabarkan sedang menyiapkan sensor kamera beresolusi tinggi untuk Xiaomi.

Selain kamera 192 megapiksel, calon ponsel baru itu kabarnya juga akan dibekali dengan chip Snapdragon 765G sehingga kemungkinan besar merupakan model kelas menengah macam lini Mi Note dari Xiaomi.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Belum banyak yang diketahui soal sensor kamera 192 megapiksel tersebut. Boleh jadi komponen ini akan dibekali teknologi nona-binning dari Samsung yang menggabungkan tiap 9 pixel menjadi 1 pixel berukuran lebih besar untuk meningkatkan kualitas gambar.

Kalau benar demikian, maka output akhir kamera ponsel itu secara default akan beresolusi 21,3 megapiksel (192/9), dengan opsi untuk merekam foto dengan resolusi penuh sebesar 192 megapiksel. Benarkah demikian? Kita nantikan saja kemunculannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com