Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis Fitur Quiet Mode Agar Tidak "Menggoda" Pengguna

Kompas.com - 13/04/2020, 11:11 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berdiam diri di rumah karena wabah Covid-19 membuat waktu menatap layar gadget (screen time) jadi bertambah, termasuk untuk mengakses media sosial yang kerap bikin lupa untuk melakukan hal lain.

Menyadari hal ini, Facebook berinisiatif merilis fitur baru untuk mengurangi waktu penggunaan dari media sosialnya sendiri, yakni Quiet Mode.

Sesuai namanya, saat diaktifkan, Quiet Mode akan "membungkam" sebagian besar notifikasi di aplikasi mobile Facebook supaya pengguna tidak tergoda untuk terus membuka jejaring sosial tersebut.

Baca juga: Facebook Rilis Tuned, Aplikasi Chatting Khusus Pasangan

Kalau pengguna coba membuka Facebook saat Quiet Mode aktif, aplikasi akan memunculkan reminder agar melakukan hal lain, alih-alih sibuk bermedia sosial.

"Misalnya, untuk membantu anda supaya fokus dengan keluarga dan teman,  tidur tanpa gangguan, atau bantu mengatur waktu di rumah," tulis Facebook dalam sebuah posting di situsnya.

Quiet Mode bisa diaktifkan manual atau terjadwal untuk jangka waktu tertentu secara otomatis. Pengguna, misalnya, bisa mengatur agar Quiet Mode berjalan di jam kantor supaya tidak terpancing membuka Facebook karena melihat notifikasi saat sedang bekerja.

Pengaturan Quiet Mode terdapat di dalam dashboard "Your Time on Facebook" di menu Settings di aplikasi mobile Facebook. Namun, ketika mencoba mengaksesnya, KompasTekno belum menemukan opsi Quiet Mode.

Baca juga: Facebook Punya Halaman Khusus untuk Informasi Resmi Seputar Covid-19

Mungkin hal tersebut disebabkan update untuk memunculkan fitur terkait masih belum merata untuk semua pengguna di semua negara. 

Facebook sendiri tak merinci notifikasi mana saja yang dimatikan ketika Quiet Mode aktif. Namun, sebagaimana dihimpun dari The Verge, Senin (13/4/2020), fitur ini berbeda dari "mute push notification" yang hanya mematikan notifikasi push, bukan yang ada di dalam aplikasi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com