Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pelacak Covid-19 dari Google Akan Disebar ke Ponsel Android

Kompas.com - 15/04/2020, 09:01 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google membangun sistem pelacak Covid-19 yang dikembangkan bersama dengan Apple. Belakangan, Google memastikan bahwa sistem ini akan disebar ke ponsel-ponsel Android melalui Google Play Services.

Dengan kata lain, ponsel Android akan mendapat sistem pelacak tersebut dengan update via Google Play. Nantinya update ini akan tersedia untuk ponsel yang menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow atau yanng lebih baru.

Baca juga: Apple dan Google Bersatu Bikin Sistem Pelacak Virus Corona

Play Store adalah platform ideal untuk menyebar update ke banyak ponsel Android sekaligus. Sebab, pembaruan dari vendor perangkat kerap tertunda dan bergantung pada kecepatan masing-masing pabrikan.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (15/4/2020), Google mengatakan update untuk menanam sistem pelacakan Covid-19 berbasis koneksi Bluetooth ini akan disalurkan dalam dua tahap.

Pertama adalah peluncuran Application Programming Interface (API) yang akan dilakukan bulan depan. Kemudian, tahap kedua berupa penerapan API ke dalam sistem operasi.

Ada satu masalah karena ponsel-ponsel Android Huawei tidak bisa menggunakan layanan Play Store lantaran masuk daftar hitam entity list pemerintah AS. Demikian juga ponsel-ponsel Android di China yang sejak lama tidak memakai layanan Google.

Baca juga: Begini Cara Kerja Sistem Pelacak Virus Corona Buatan Apple dan Google

Untuk para pengguna ponsel yang tak memiliki akses ke Play Store ini, Google akan membuat framework yang bisa digunakan oleh para vendor di China untuk membuat sistem pelacak mirip bikinan Google dan Apple.

Namun, keputusan apakah akan ikut menggunakan sistem pelacak Covid-19 itu atau tidak berada di tangan masing-masing vendor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com