Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Download TVRI Klik untuk Live Streaming Program "Belajar dari Rumah"

Kompas.com - 17/04/2020, 07:51 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Sejak dimulainya kegiatan belajar mengajar dari rumah karena pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" di TVRI untuk PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain menggunakan televisi, TVRI juga dapat diakses secara live streaming dari situs TVRI, tvri.go.id dan aplikasi TVRI Klik yang terdapat di Google Play Store dan Apple Appstore.

Aplikasi yang telah hadir sejak tahun 2017 ini bisa diunduh pengguna Android di Play Store melalui tautan berikut, dan pengguna Apple iOS di AppStore melalui tautan berikut.

Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur bawaan seperti terdapat 4 channel digital TVRI, 1 channel TVRI Nasional High Definition, 28 Channel Daerah.

Ilustrasi aplikasi TVRI Klik di Play StoreTVRI Ilustrasi aplikasi TVRI Klik di Play Store
Program "Belajar dari Rumah" direncanakan terselenggara selama tiga bulan ke depan. Konten atau materi pembelajaran yang disajikan berfokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta perkembangan karakter siswa.

Baca juga: Jadwal Acara Belajar dari Rumah di TVRI: Jumat 17 April 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun juga tengah menyiapkan 720 episode untuk penayangan program "Belajar dari Rumah" selama 90 hari di TVRI.

Dalam pembagian siarannya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menjelaskan, jadwal Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

Baca juga: YouTube Sediakan Situs Khusus untuk Bantu Anak Belajar dari Rumah

"Jadi masing-masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting," tutur Hilmar kepada Kompas.com.

Covid-19 mulai mewabah di Indonesia sejak bulan Maret lalu. Pemerintah menghimbau sekolah-sekolah untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar, kemudian melanjutkan pembelajaran melalui media online di rumah dengan bimbingan orang tua.

Selain belajar dengan jarak jauh, beberapa aplikasi belajar online juga memberikan akses gratis untuk mendukung pembelajaran siswa dan siswi di Indonesia saat pandemi.

Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber kompas.com


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com