Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kyocera DuraXV, Ponsel Lipat yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Kompas.com - 19/04/2020, 19:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian menyebut bahwa ponsel menjadi benda yang lebih jorok dibandingkan dengan dudukan toilet.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 ini, ponsel berpotensi menjadi medium penularan virus corona jika diletakkan di sembarang tempat dan tidak dibersihkan dengan benar.

Kendati demikian, membersihkan ponsel juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi asal menyemprotkan carian alkohol atau disinfektan.

Dihimpun dari Cnet, carian alkohol dengan takaran dan konsentrasi yang salah justru bisa merusak lapisan oleophobic dan hydrophobic yang menjaga layar ponsel dari minyak serta air.

Namun ternyata ada sebuah ponsel lipat yang bisa dibersihkan dengan cara yang lebih mudah, bahkan, dengan sabun sekalipun. Ponsel tersebut adalah bernama Kyocera DuraXV.

Jangan dulu membayangkan ponsel lipat ala Galaxy Fold atau Huawei Mate X. Ponsel lipat ini mirip dengan ponsel jadul dengan mekanisme lipatan clamshell atau menyerupai cangkang kerang.

Baca juga: Inilah 3 Merek Smartphone yang Paling Sering Dipalsukan di China

Kyocera DuraXV diklaim bisa dicuci dengan sabun ringan yang tidak mengandung banyak detergent seperti sabun bayi. Selain itu, ia juga bisa dibersihkan dengan tisu basah atau carian berbasis etanol 70 persen atau alkohol isopropyl.

Perlu diperhatikan bahwa ponsel ini bukanlah smartphone yang kaya akan fitur. Ia hanya dibekali beberapa fitur terbatasserta desain lawas termasuk tombol fisik dan bentang layar ponsel yang tak luas yakni 2,6 inci.

Namun, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android open-source yang di dalamnya terdapat aplikasi browser, e-mail, navigasi, dan perpesanan. Ponsel ini memang mengunggukan ketangguhan, bukan kecanggihan.

Salah satu buktinya adalah sertifikasi standar militer MIL-SPEC 810G yang artinya, tahan akan debu, guncangan, getaran, suhu ekstrem, hujan, tekanan rendah, radiasi matahari, kelembaban, dan hujan es.

Baca juga: IDC: Pasokan Smartphone di Indonesia Bakal Turun dan Harga Naik

Belum cukup, ponsel ini juga diklaim tahan banting saat dijatuhkan dari ketinggian 1,5 meter.

Sementara sertifkat IP68 bisa menahan debu dan air di kedalaman dua meter dala  waktu 30 menit, dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Jumat (17/4/2020).

Ponsel ini dibekali baterai lepas-pasang (removable) 1.530 mAh yang diklaim tahan hingga 18 hari. Pada bagian belakang, terdapat kamera beresolusi 5 MP dan juga sebuah LED flash.

Chip yang digunakan adalah MSM8909 dengan kecepatan 1.1 GHz. Ponsel ini memiliki kapasitas RAM 2 GB dan internal 16 GB.

Kyocera DuraXV memang bukan ditargetkan untuk pasar umum. Ia lebih diperuntukan bagi mereka yang sering bekerja lapangan di medan yang cukup berat. Harganya sendiri dipatok 240 dollar AS (Rp 3,7 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com