Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Akun Nintendo Dilaporkan Banyak Dibobol Hacker

Kompas.com - 23/04/2020, 07:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Dalam satu bulan terakhir, banyak pemilik akun Nintendo yang mengeluh mengenai adanya aktivitas mencurigakan yang terjadi pada akun Nintendo pribadi mereka.

Insiden ini juga dialami oleh salah satu pengguna Twitter bernama Pixelpar. Melalui sebuah tweet, Pixelpar mengaku bahwa akun Nintendo miliknya telah diakses secara berulang oleh pihak tak dikenal.

Ia mengatakan bahwa kejadian ini berlangsung dalam kurun waktu satu malam. Sebagai barang bukti, Pixelpar juga mengaku menerima berbagai pesan e-mail berisi peringatan atas peretasan tersebut.

Baca juga: Konsol Game Super Langka Nintendo PlayStation Terjual Rp 5,2 Miliar

"Saya menduga Nintendo mungkin sedang mengalami pelanggaran keamanan sistem besar-besaran. Akun Nintendo saya diakses beberapa kali dalam satu malam," tulis Pixelpar.

Selain Pixelpar, seeorang staff portal Eurogamer dikabarkan mengalami kejadian serupa.

Keluhan soal masalah peretasan akun Nintendo ini banyak berdatangan forum dan media sosial. Hacker pelakunya diduga berasal dari beberapa wilayah berbeda seperti Amerika Serikat, Cile dan Rusia.

Meretas untuk belanja uang

Dalam beberapa kasus, diketahui peretas menggunakan informasi PayPal pengguna untuk membeli mata uang virtual dalam game seperti VBucks utnuk game Fortnite.

Berdasarkan laporan seorang reporter Ars Technica, yang diketahui juga merupakan korban peretasan, terdapat satu buah kesamaan yang terjadi pada peretasan akun Nintendo ini, yaitu korbannya memakai layanan Nintendo Network ID.

Baca juga: Penjualan Switch Lampaui Konsol Nintendo Lawas

Nintendo Network ID merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna Wii U dan Nintendo 3DS untuk terhubung ke berbagai layanan online, termasuk membeli produk di eShop.

Jadi, dengan menggunakan Nintendo Network ID, peretas dapat mengakses eShop untuk membeli VBucks pada akun Nintendo yang sedang diretasnya.

Verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun

Pihak Nintendo sendiri nampaknya belum mengeluarkan pernyataan terkait masalah ini. Namun, lewat akun Twitter resminya, perusahaan tersebut sempat mengunggah tweet berisi imbauan untuk mengamankan akun Nintendo menggunakan verifikasi dua langkah.

"Anda dapat mengamankan akun Nintendo Anda dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah," tulis Nintendo.

Terlepas dari masalah peretasan yang dilaporkan marak terjadi ini, tak ada salahnya untuk tetap menjaga keamanan akun Nintendo Anda dengan verifikasi dua langkah.

Baca juga: Nintendo Switch Generasi Ketiga Bakal Dirilis Tahun Ini?

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Kamis (23/4/2020), Anda pun dapat mengikuti langkah-langkah mengaktifkan verifikasi dua langkah melalui situs bantuan resmi Nintendo di tautan berikut.

Langkah pengamanan ini juga dapat dilakukan melalui ponsel Android ataupun iOS Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com