Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Luncurkan Messenger Kids di Indonesia

Kompas.com - 23/04/2020, 08:18 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dirilis Facebook pada 2017 lalu, aplikasi pesan instan "Messenger Kids" kini diekspansi ke 70 negara, termasuk Indonesia.

"Hari ini kami meluncurkan Messenger Kids ke banyak negara, dan anak-anak di lebih dari 70 negara di seluruh dunia dapat menggunakan aplikasi ini," tulis Facebook melalui blog resminya, dirangkum KompasTekno, Kamis (23/4/2020).

Menurut Facebook, aplikasi pesan instan khusus untuk anak itu diperluas jangkauannya karena kebijakan social distancing di sejumlah negara, membuat banyak anak menghabiskan waktunya di rumah.

Baca juga: Orangtua Kini Makin Mudah Pantau Tontonan Anak dengan YouTube Kids

Facebook ingin membantu anak-anak itu agar tetap terhubung dengan teman atau orang terdekat mereka melalui aplikasi pesan instan, salah satunya adalah Messenger Kids.

Messenger KidsFacebook Messenger Kids
Melalui aplikasi ini, anak-anak bisa menggunakan Messenger Kids tanpa harus memiliki akun Facebook. Pasalnya, sesuai ketentuan hukum, anak di bawah usia 13 tahun tak diperbolehkan bergabung di ekosistem Facebook.

Bedanya, Messenger Kids memiliki fitur parental control, aktivitas yang dilakukan anak di aplikasi ini bisa diawasi oleh orangtua mereka.

Seluruh pesan, foto, dan video yang terkirim di platform ini tidak bisa dihapus, sehingga orangtua bisa mengawasi. Orangtua juga akan mendapatkan notifikasi khusus manakala anak mereka sedang online.

Baca juga: Awasi Anak Belajar di Rumah dengan Google Family Link

Dalam mengembangkan Messenger Kids, Facebook bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti Youth Advisors, pakar keamanan online, lembaga perlindungan anak, dan media.

Kini, secara total, aplikasi Messenger Kids telah tersedia untuk 79 negara termasuk Indonesia, dan sudah dapat diunduh melalui Apple App Store, Google Play Store, dan Amazon Appstore.

Untuk melihat adalah daftar negara mana saja yang sudah bisa menggunakan aplikasi Messenger Kids, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com