Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna GrabFood Bisa Jadwalkan Pesanan untuk Sahur dan Buka Puasa

Kompas.com - 24/04/2020, 10:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Grab kini meluncurkan fitur baru untuk layanan pesan antar makanan GrabFood. Pengguna layanan GrabFood, bisa menjadwalkan pesanan untuk sahur dan buka puasa.

Layanan tersebut bernama Pesan Terjadwal. Layanan ini merupakan bagian dari kampanye bertajuk #SiapAntarRamadanmu dalam menyambut Ramadan 1441 H.

Sesuai namanya, fitur ini bisa digunakan pengguna Grab untuk memesan makanan sesuai jadwal yang diinginkan agar tidak lupa.

Penjadwalan pemesanan bisa dilakukan dua jam hingga dua hari sebelum waktu yang dikehendaki.

"Fitur ini bisa membantu agar tidak melewatkan momen sahur dan berbuka puasa," jelas Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara online, Kamis (23/4/2020).

Ia menambahkan, pengguna bisa memesan maksimal empat restoran berbeda secara bersamaan.

Baca juga: Grab Rilis Fitur Assistant, Bisa untuk Belanja di Toko Kelontong

Cara memesan

Untuk menjadwalkan pesanan, pengguna bisa pergi ke menu Food di aplikasi Grab. Kemudian pilih restoran dan makanan yang diinginkan.

Setelah melakukan proses pemesanan, pilih "Ubah Opsi" seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Kemudian, klik pada bagian "Pilih waktu pemesanan" lalu atur waktu sesuai keinginan.

Fitur Pesan Makanan Terjadwal di GrabFood yang memudahkan pengguna memesan makanan dua jam hingga dua hari sebelum waktu yang dikehendaki.Ist Fitur Pesan Makanan Terjadwal di GrabFood yang memudahkan pengguna memesan makanan dua jam hingga dua hari sebelum waktu yang dikehendaki.
Namun, Hadi menjelaskan bahwa hanya restoran yang telah bermitra dengan Grab saja yang memiliki fitur tersebut. Restoran terpilih biasanya ditandai dengan lencana warna hijau.

Hadi mengatakan, teknologi yang digunakan dalam fitur ini akan terintegrasi langsung ke restoran terpilih.

"Misalnya, kita pesan untuk jam 12, sistem akan memantik notifikasi ke mitra restoran itu kurang lebih dua jam sebelumnya," paparnya.

Restoran akan mendapatkan notifikasi dan sistem akan mencari mitra pengemudi terdekat untuk mengambil pemesanan.

Sistem akan mengalokasikan waktu sekitar 45 menit untuk mencari mitra pengemudi sebelum pesanan siap diambil dan diantar ke pembeli.

Untuk transaksi, pembayaranya bisa dilakukan menggunakan OVO maupun tunai. Meski diluncurkan untuk menyambut Ramadhan, Hadi mengatakan fitur ini akan tetap tersedia setelah bulan puasa usai.

Baca juga: Manajemen Grab Sisihkan Gaji untuk Bantu Pengemudi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com