Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Teks Ini Bisa Bikin iPhone Langsung "Hang"

Kompas.com - 26/04/2020, 03:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Pemilik iPhone mungkin masih ingat dengan kiriman teks yang bisa membuat perangkat mengalami error. Bug serupa kini kembali muncul dan berdampak pada sejumlah perangkat Apple.

Bug dimaksud melibatkan serangkaian karakter dalam bahasa Sindhi. Apabila iPhone, iPad, Mac, atau Apple Watch menerima notifikasi pesan dengan rangkaian teks ini, perangkat akan mulai bertingkah aneh.

Baca juga: Awas, Karakter Huruf Ini Bikin iPhone Lumpuh

Dalam beberapa kasus perangkat dilaporkan menjadi tidak responsif, tak mendeteksi input di touchscreen sehingga seolah "hang". Ada pula yang melaporkan perangkat mengalami crash.

Pengguna Twitter bernama EveryThingApplePro mendemonstrasikan bug tersebut di video yang diunggahnya dalam sebuah kicauan.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa teks yang memicu bug itu melibatkan emoji bendera Italia. Namun, belakangan diketahui bahwa rangkaian karakter Sindhi tadi saja sudah cukup untuk membuat perangkat bermasalah.


Tak jelas dari mana asal-muasal pesan teks yang bisa membuat iPhone bengong ini. Diduga sumbernya adalah grup Telegram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5 Mac, Minggu (26/4/2020).

Rangkaian teks itu kemudian beredar luas di Twitter dan Instagram sehingga pengguna perangkat Apple mesti berhati-hati supaya tak "terjebak" menerima atau membukanya sehingga perangkat hang.

Baca juga: Harga iPhone 11 di Indonesia Naik Lagi, Ini Daftarnya

Sebab, karena bentuknya yang berupa teks, karakter-karakter pembuat hang ini bisa disebarkan melalui berbagai aplikasi, termasuk perpesanan di media sosial dan aplikasi Messages.

Apple sendiri belum mengeluarkan pernyataan mengenai bug tersebut. Tapi kabarnya update iOS 13.4.5 beta sudah memperbaikinya sehingga rangkaian karakter Sindhi tidak lagi membuat perangkat jadi hang.

Pembaruan itu belum menyebar rata ke seluruh pemilik gadget Apple. Untuk sementara waktu, pengguna bisa mencegahnya dengan mematikan notifikasi perangkat. Apabila terlanjur terkena dan jadi tak responsif, perangkat bisa dipulihkan dengan cara restart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com