Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke Layanan Google Melonjak Selama Wabah Covid-19

Kompas.com - 30/04/2020, 10:05 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap pendapatan Google di kuartal pertama tahun 2020. CEO Alphabet sekaligus CEO Google, Sundar Pichai mengatakan akses ke layanan Google mengalami peningkatan pada Maret 2020 dibandingkan dua bulan sebelumnya.

Pichai mencatat bahwa layanan pencarian Google Search mengalami peningkatan trafik. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang setiap harinya mencari tahu informasi terkait virus Covid-19, selama berada di rumah.

Sementara untuk layanan YouTube, yang juga dimiliki Google, diklaim jumlah penonton dan waktu penggunaan aplikasi YouTube meningkat selama masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: Layanan Gaming Google Stadia Tembus 1 Juta Unduhan

Menurut Pichai, hal itu dilatarbelakangi oleh kebijakan social distancing, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget selama berada di rumah.

Secara keseluruhan, Google mengklaim telah memiliki lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif bulanan di toko aplikasi Google Play.

Tak hanya itu, Google juga menyebut bahwa peningkatan juga terjadi di bisnis hardware-nya, terutama di laptop Chromebook.

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (30/4/2020), analis mengatakan bahwa permintaan laptop Chromebook mengalami peningkatan hingga 400 persen pada 21 Maret 2020 lalu, dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Google Ungkap Makin Banyak Orang Indonesia yang Berdiam Diri di Rumah

Berdasarkan data dari Google, tercatat bahwa 100 juta siswa yang memanfaatkan berbagai aplikasi penunjang belajar juga turut meningkat dua kali lipat pada awal Maret 2020.

Berkat peningkatan permintaan di berbagai lini tadi, pemasukan Google jadi meningkat 13 persen dari tahun ke tahun, di angka 41,2 miliar dollar AS (Rp 632 triliun) yang sebagian besar diperoleh dari bisnis mesin pencari, YouTube, dan layanan Cloud.

Terkait kuartal berikutnya, CFO Google, Ruth Porat mengatakan bahwa bisnis iklan akan menghadapi tantangan jika pandemi Covid-19 ini terus berkepanjangan. Seperti diketahui, bisnis iklan berkontribusi besar terhadap pendapatan Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com