Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Postingan "Kind Person" di IG Stories Bikin Tersipu, Begini Cara Buatnya

Kompas.com - 06/05/2020, 14:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram Stories sedang diramaikan oleh postingan "kind person". Postingan itu menampilkan foto profil pengguna yang sedang melihat stories teman, dengan tulisan  orang paling baik (the most kind person).

Ditambah lagi dengan selebgram yang memposting stories seperti itu, membuat banyak follower-nya penasaran. Tak jarang mereka kaget, tersipu malu, atau Ge-eR (gede rasa), mengapa bisa ada foto profil Instagram mereka di postingan itu.

Postingan itu sejatinya adalah kampanye #WeShouldBeKind yang dibuat oleh akun @sulrod. Akun itu membuat template IG Stories dengan memanfaatkan stiker komentar.

Namun, alih-alih dipakai untuk menerima komentar follower, stiker itu diletakkan sedemikian rupa sehingga hanya menampilkan avatar (foto profil) pengguna yang sedang melihat Instagram Stories itu.

Baca juga: Instagram Luncurkan Stiker Pesanan Makanan di Stories untuk UKM

Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, Anda cukup mengunjungi profil Instagram @sulrod dan klik deretan Stories Highlight berjudul "Be Kind". Lalu, lakukan screenshot pada template Instagram Stories yang disertai dengan tulisan "comments". 

Setelah itu, gunakan foto screenshot yang telah diambil tadi untuk fitur Instagram Stories, dan tambahkan stiker komentar.

Selanjutnya, perbesar dan geser stiker komentar tersebut hingga gambar avatar Anda menutupi tulisan "comments" seperti ilustrasi berikut. 

Cara pakai stiker komentar untuk tampilkan avatar pengguna.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara pakai stiker komentar untuk tampilkan avatar pengguna.

Jika sudah rapi, kirim template ini menjadi Instagram Stories dengan menekan tombol "Sent To".

Setelah itu, kerabat (followers) Instagram Anda yang melihat postingan Instagram Stories Anda, kemungkinan bakal terkejut atau tersipu malu, mengapa foto mereka ada di postingan tersebut. 

Bisa pakai template sendiri

Nah, karena memanfaatkan stiker komentar, Anda sejatinya bisa memakai template sendiri untuk dipakai di Instagram Stories.

Hal ini berguna jika Anda ingin menyampaikan sebuah pesan spesifik ke masing-masing followers Anda di dalam sebuah postingan Instagram Stories.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Donasi Lewat Aplikasi

Anda bisa membuat template Instagram Stories di aplikasi semacam Canva, Inshot, Unfold, StoryArt, dan lain sebagainya. Berikut contoh template lain yang KompasTekno buat. 

Template Instagram hasil bikinan sendiri untuk menyampaikan pesan ke seluruh followers lewat stiker komentar.KOMPAS.com/Bill Clinten Template Instagram hasil bikinan sendiri untuk menyampaikan pesan ke seluruh followers lewat stiker komentar.

Perlu dicatat, latar belakang (background) warna template sendiri harus seirama dengan background warna stiker komentar. Jika tidak, maka warna stiker dan template akan berbenturan dan bakal terkesan tidak rapi. 

Secara default, latar warna stiker komentar sendiri adalah putih dan bisa diganti dengan warna lain seperti merah, biru, hijau, dan sebagainya. Penting untuk diingat pula bahwa stiker komentar harus digeser ke sisi paling kanan layar seperti gambar di atas.

Sebab, kolom dan kotak stiker komentar sejatinya harus disembunyikan untuk menonjolkan avatar masing-masing pengguna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com