Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet dan Microsoft Teams Disebut Kumpulkan Data Pengguna

Kompas.com - 10/05/2020, 14:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Zoom belakangan menjadi sorotan lantaran masalah privasi data. Namun, aplikasi telekonferensi populer lain seperti Microsoft Teams, Google Meet, dan Cisco Webex pun disebut turut mengumpulkan data pengguna.

Hal tersebut dikemukakan oleh lembaga Consumer Reports yang baru-baru ini melakukan analisis terhadap kebijakan privasi yang diterapkan oleh ketiga layanan dimaksud.

Lewat ketentuan privasi ini, menurut laporan Consumer Reports, baik Teams, Meet, maupun Webex memperoleh hak untuk mengambil informasi terkait conference call yang dilakukan, termasuk durasi, serta siapa saja partisipannya dan alamat IP mereka.

Baca juga: Panduan Aman untuk Peserta dan Admin Meeting Online via Zoom

Google, Microsoft, dan Cisco tidak merinci lebih lanjut tentang informasi apa saja persisnya yang dikumpulkan dari pengguna.

Consumer Reports mengatakan bahwa aneka data itu bisa saja digabungkan dengan informasi dari sumber lain untuk membuat profil pengguna dan kebiasaannya dalam melakukan conference call."

Ketiga perusahaan mengatakan kepada Consumer Reports bahwa layanan mereka hanya akan merekam video atau membuat transkrip apabila partisipan melakukan perekaman conference call. Mereka menyebut rekaman itu "tidak digunakan secara langsung" untuk keperluan iklan.

Baca juga: Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Mana yang Paling Irit Data?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (10/5/2020), perlu ditambahkan bahwa Consumer Reports tak mengatakan bahwa ketiga aplikasi ini tidak aman, melainkan hanya menyoroti praktik pengumpulan datanya dan isu privasi yang bisa ditimbulkan.

Laporan Consumer Reports mengenai Microsoft Teams, Google Meet, dan Cisco Webex selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.


Baca juga: Sekolah di Singapura Dilarang Pakai Zoom Setelah Ada Insiden Serius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com