Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Lite Diam-diam Hilang dari Google Play Store

Kompas.com - 12/05/2020, 10:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua tahun lalu, Instagram diam-diam merilis Instagram Lite di Google Play Store, aplikasi Instagram versi ringan yang bisa menghemat kuota data. Tidak ada pengumuman resmi apa pun dari Instagram kala itu.

Kini, Instagram juga menghapus Instagram Lite secara diam-diam di toko aplikasi Android. Aplikasi Instagram versi ringan ini dilaporkan sudah tidak tersedia di beberapa negara, seperti Kenya, Meksiko, Peru, dan Filipina mulai 13 April.

Dari pantauan KompasTekno, Selasa (12/5/2020), Instagram Lite juga sudah tidak ditemukan di Google Play Store Indonesia. Sementara itu, pengguna Instagram Lite mendapatkan pesan untuk menuju ke aplikasi Instagram utama.

Baca juga: Cara Vietnam Menekan Facebook dan Instagram agar Manut, Bukan Diblokir

Dalam pesan itu disebutkan bahwa "Instagram Lite tidak lagi didukung". Dilaporkan Tech Crunch, Instagram beralasan akan melakukan uji coba Instagram versi ringan kembali, sebagaimana yang dihimpun KompasTekno, Selasa (12/5/2020).

"Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru untuk tetap terhubung dengan orang dan sesuatu yang Anda sukai," kata perwakilan Instagram.

Selama ini, Instagram memang hanya menyebut Instagram Lite sebagai "uji coba". Kemungkinan, Instagram akan membuat versi yang lebih baru, meskipun belum diketahui kapan akan diluncurkan kembali.

Baca juga: Postingan Kind Person di IG Stories Bikin Tersipu, Begini Cara Buatnya

Sedikit mengingat, Instagram Lite dibuat dengan menyasar negara-negara berkembang yang memiliki populasi perangkat low-end cukup besar.

Sebab, ukuran aplikasi "Lite" lebih kecil dibanding aplikasi Instagram biasa, sehingga cocok untuk smartphone berspesifikasi rendah yang minim ruang penyimpanan.

Saat diluncurkan, ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 573 kilobit, jauh lebih ringan dibanding aplikasi utama yang berukuran 32 megabit. Fungsi utama Instagram, seperti mengunggah foto ke feed atau story, dan mengeksplorasi unggahan, tersedia di Instagram Lite.

Baca juga: Instagram Live Akan Bisa Dilakukan Lebih dari 2 Orang

Namun, ada beberapa fitur yang absen, seperti mengunggah video atau mengirim pesan langusng (direct message). Instagram Lite cukup diterima positif di beberapa negara.

Meksiko, yang menjadi negara awal penyebaran Instagram Lite, menjadi pengadopsi Instagram Lite terbesar dengan menyumbang 62 persen dari totoal unduhan. Instagram Lite juga sudah diunduh 4,4 juta kali di Meksiko, menurut data dari Sensor Tower.

Filipina menempati urutan kedua dengan persentase 14 persen dari total unduhan, diikuti Kenya dan Peru dengan masing-masing 12,5 persen dan 12 persen unduhan.

Namun di sejumlah negara berkembang lain, popularitas Instagram Lite tidak begitu tinggi. Seperti di India, Indonesia, Brasil, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com