Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Tokopedia Surati Pengguna Pasca Kebocoran Data, Begini Isinya

Kompas.com - 12/05/2020, 17:25 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasca kebocoran data yang dialami olehTokopedia, dimana disebut 91 juta akun pengguna diperjual-belikan, CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyapa para pengguna e-commerce tersebut melalui surat.

Di dalam suratnya yang dilayangkan kepada semua pengguna Tokopedia, William mengatakan bahwa selama 11 tahun Tokopedia beroperasi di Indonesia, perusahaan selalu memperhatikan sistem keamanan, dan terus meningkatkannya.

Baca juga: Data 91 Juta Pengguna Tokopedia dan 7 Juta Merchant Dilaporkan Dijual di Dark Web

Ada tiga hal utama yang disampaikan oleh William agar pengguna Tokopedia mengetahui duduk perkara pencurian data akun ini.

Pertama, Tokopedia langsung melakukan proses investigasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan akun dan transaksi tetap terjaga.

Kedua, Tokopedia berkomunikasi dan bekerja sama dengan pemerintah dalam melakukan investigasi atas kejadian ini, sekaligus memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi.

Baca juga: Warganet Berbondong-bondong Tanyakan Keamanan Akun Mereka ke Tokopedia

Ketiga, Tokopedia telah menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber, dalam membantu investigasi dan identifikasi langkah-langkah yang diperlukan guna meningkatkan perlindungan data para pengguna Tokopedia.

Ajak ganti password

William pun mengajak pengguna Tokopedia mengikuti anjuran langkah pengamanan, seperti mengganti password akun Tokopedia secara berkala, tidak menggunakan kata sandi yang sama di berbagai platform digital, dan tidak memberikan OTP ke pihak lain.

"Kami memahami bahwa kejadian ini telah menimbulkan ketidaknyamanan pada seluruh pengguna," ujar William.

Baca juga: Kominfo Tanggapi Kasus Bocornya Data Jutaan Pengguna Tokopedia

"Maka dari itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna Tokopedia atas dukungan Anda yang tiada henti kepada kami di tengah tantangan kali ini," pungkas William.

Berikut isi surat lengkap CEO Tokopedia, William Tanuwijaya untuk pengguna, yang diterima KompasTekno.

= = = = = = = = = =

Kepada semua pengguna Tokopedia yang saya hormati,

Bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Sebagai perusahaan teknologi dengan platform marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia telah dipercaya oleh lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia. Kepercayaan ini adalah sebuah amanah dan tanggung jawab yang selalu kami pegang teguh. Selama 11 tahun Tokopedia melayani masyarakat Indonesia, kami selalu memberi perhatian lebih kepada sistem keamanan kami. Kami terus membangun, mengembangkan, dan meningkatkan prosedur serta sistem antisipasi dan mitigasi kami, sesuai dengan standar terbaik dunia.

Pada tanggal 2 Mei 2020, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia. Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com