Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Catat Kenaikan Pendapatan di Awal 2020

Kompas.com - 13/05/2020, 16:19 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan operator seluluer XL Axiata membukukan pendapatan Rp 6,5 triliun pada triwulan I- 2020. Jumlah itu naik 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi paling besar disumbang oleh layanan data yang tumbuh 17 persen secara year-on-year (YoY). Layanan data menyumbang 91 persen dari total pendapatan pada periode ini.

Menurut dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (13/5/2020), Peningkatan itu terjadi akibat banyaknya pelanggan yang mengakses layanan data internet selama berada dari rumah, di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: XL Rilis Aplikasi Sisternet untuk Dorong Pemberdayaan Perempuan

Untuk EBITDA (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization), terjadi peningkatan sebesar 40 persen menjadi Rp 3,18 triliun.

Laba bersih yang berhasil diraup XL Axiata pada triwulan I-2020 adalah sebesar Rp 1,5 triliun.
Penetrasi smartphone juga diklaim naik 17 persen, hingga kini mencapai 86 persen.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa tiga bulan pertama di tahun ini menjadi periode yang tidak mudah bagi perusahaannya maupun perusahaaan operator seluler lain.

"Namun, momentum positif dari kinerja 2019 ditambah dengan proposisi produk yang inovatif, serta kualitas jaringan yang kuat, telah berhasil membawa kami mewujudkan kinerja yang tetap kuat dan berkelanjutan di triwulan 1 2020," kata Dian

Hingga akhir Maret 2020, tercatat bahwa jumlah pelanggan seluler XL Axiata mengalami sedikit penurunan menjadi 55,5 juta. Meski demikian, pendapatan rata-rata per pelanggan (ARPU) tetap stabil di angka Rp 36 ribu yang sama dengan kuartal sebelumnya (QoQ).

Baca juga: Daftar Promo Paket Internet XL-Axis selama Ramadhan dan Idul Fitri

Hingga saat ini, XL Axiata telah mengoperasikan 133 ribu BTS. Sebanyak 43 ribu BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Jumlah itu meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY).

Jaringan 4G XL Axiata sekarang telah menjangkau 449 kota/kabupaten yang tersebar di Indonesia.

Di akhir periode ini, Xl Axiata juga mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki uang dalam mata uang dollar AS, dengan komposisi 46 persen di antaranya berbunga floating dan masa jatuh tempo yang tidak bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com