Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngobrol Seputar Pembajakan WhatsApp di Live IG Kompas.com

Kompas.com - 14/05/2020, 17:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah ada seseorang di dekat Anda yang tidak menggunakan WhatsApp?
Jika ada, mungkin sangat sedikit jumlahnya. Tidak bisa dipungkiri, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer di Indonesia.

WhatsApp ibarat pengganti layanan SMS, dan menjadi platform andalan sehari-hari untuk berkomunikasi, baik untuk pekerjaan maupun urusan pribadi.

Namun, belakangan banyak pengguna WhatsApp yang melaporkan upaya pembajakan akun WhatsApp mereka. Banyak pengguna yang mendadak mendapatkan notifikasi bahwa akun WhatsApp mereka tidak lagi terdaftar di ponsel yang gunakan, melainkan di perangkat lain.

Baca juga: Dapat Notifikasi Nomor Telepon Anda Tidak Lagi Terdaftar di WhatsApp, Jangan Klik OK

Apabila akun WhatsApp itu berhasil dibajak, akun tersebut bisa saja digunakan untuk tujuan kejahatan. Kendati demikian, penggguna tetap bisa melindungi akun WhatsApp miliknya agar tidak dibobol orang tak dikenal.

Lantas, bagaimana sebuah akun WhatsApp bisa dibajak? Apa metode yang digunakan dan apa yang harus dilakukan jika akun WhatsApp kita terlanjur diambil alih? Adakah cara terbaik untuk melindungi akun WhatsApp kita?

KompasTekno akan mengajak praktisi keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya untuk membahas fenomena upaya pembajakan akun WhatsApp. yang akhir-akhir ini terjadi di acara bincang-bincang bertajuk "TechTalk: Bagaimana WhatsApp Anda Bisa Dibajak?".

Acara bincang-bincang tersebut akan disiarkan secara langsung melalui Instagram Live Kompas.com, pada Jumat (15/5/2020) pukul 14.00.

Anda juga bisa bertanya beberapa hal seputar keamanan akun WhatsApp, selama berlangsungnya siaran Live IG melalui kolom komentar.

Sampai bertemu di Instagram!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com