Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Konsol PlayStation 4 Tembus 110 Juta Unit

Kompas.com - 15/05/2020, 03:22 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Dalam laporan keuangan kuartal pertama (Q1) 2020, Sony tercatat berhasil menjual sebanyak 1,5 perangkat PlayStation 4 (PS4) selama tiga bulan terakhir. 

Meski angka tersebut menurun dari periode yang sama di tahun sebelumnya, jumlah penjualan ini membuat PS4 menjadi konsol terlaris ke empat.

Angka penjualan di Q1 2020 tersebut menambah total penjualan konsol PlayStation 4 sejak drilis pada 2013 lalu. Secara keseluruhan, konsol ini telah terjual sebanyak 110,4 juta unit sejak pertama kali diperkenalkan. 

Menurut catatan, angka penjualan tersebut masih berada di bawah konsol handheld lawas, Game Boy, yang terjual sebanyak 118 juta unit. 

Penjualan PS4 berdasarkan laporan keuangan Sony kuartal keempat tahun fiskal 2019 (Q4FY19).Sony Penjualan PS4 berdasarkan laporan keuangan Sony kuartal keempat tahun fiskal 2019 (Q4FY19).

Baca juga: Menengok Perubahan Stik PlayStation dari PS1 hingga PS5

Meski terus meningkat, jumlah penjualan PS4 masih belum cukup untuk merebut titel konsol terlaris sepanjang masa dari "kakaknya", yakni PlayStation 2.

PS2 masih menjadi perangkat game yang paling laris dengan angka penjualan mencapai 157 juta perangkat. 

Sementara di peringkat kedua ditempati Nintendo DS dengan penjualan mencapai 155 juta perangkat secara global. 

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (15/5/2020), performa penjualan PS4 tampak lesu jika melihat laporan keuangan kuartal pertama di tahun 2019 lalu.

Kala itu Sony berhasil menjual setidaknya 2,6 juta unit PS4.

Pihak Sony pun mengakui bahwa performa penjualan konsol dan game PS4 yang lesu, serta kurs mata uang yang bergejolak membuat angka pendapatan tahunan perusahaan turut menurun.

Terlepas melemahnya performa finansial yang menurun, dalam kesempatan yang sama Sony mengumumkan kabar baik bagi para penggemar.

Perusahaan asal Jepang ini memastikan bahwa jadwal peluncuran konsol PlayStation 5 masih akan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya.

Baca juga: Jadwal Peluncuran PlayStation 5 Terungkap dari Lowongan Kerja

Artinya, peluncuran PS5 akan tetap dilakukan pada musim liburan 2020, alias sekitar momen Thanksgiving pada 26 November hingga Natal (25 Desember) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com