Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Radeon Pro VII Meluncur, Jegal Nvidia Quadro

Kompas.com - 15/05/2020, 10:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - AMD pekan ini memperkenalkan karu grafis baru, Radeon Pro VII yang ditujukan untuk komputer workstation di industri media penyiaran dan engineering profesional.

Kartu grafis ini dirilis AMD sebagai alternatif murah dari kartu grafis buatan pesaingnya, Nvidia, khususnya seri Quadro GV100.

AMD menjanjikan, dengan dua Radeon VII Pro, kinerjanya mampu menyaingi Nvidia Quadro GV 100, dengan selisih harga yang hampir separuhnya. Tabel perbandingannya bisa dilihat di tabel yang dibuat oleh AMD berikut ini.

Komparasi AMD Radeon Pro VII dengan Nvidia Quadro GV100 dan GP100.AMD Komparasi AMD Radeon Pro VII dengan Nvidia Quadro GV100 dan GP100.

Baca juga: AMD Umumkan Prosesor Ryzen 3 3300X dan 3100

Radeon Pro VII memiliki 3.840 stream processor dan kinerja komputasi hingga 6,5 TFLOPS. Kartu grafis ini dirancang untuk menangani proyek-proyek media dan broadcast, simulasi Computer Aided Engineering (CAE), dan aplikasi High-Performance Computing (HPC).

“Para profesional saat ini ditantang untuk memenuhi tenggat waktu singkat dengan anggaran ketat, dimana bertujuan untuk memberikan hasil kelas dunia,” kata Scott Herkelman, Corporate Vice President and General Manager, AMD Graphics Business Unit.

"AMD Radeon Pro VII memberikannya dengan menyediakan teknologi inovatif, performa tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mengelola simulasi yang lebih besar dan kompleks dengan mudah,” lanjut Herkelman

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (15/5/2020), untuk mendukung kinerjanya, Radeon Pro VII dibekali dengan RAM High Bandwidth Memory (HBM2) berkapasitas 16 GB.

Baca juga: Nvidia Luncurkan 2 Kartu Grafis GTX Super Baru

Kartu grafis ini sanggup menjalankan hingga 6 display sekaligus, dengan interface PCIe 4.0 yang mendukung kinerja tinggi hingga resolusi 8K.

Kinerja pengolahan gambar 8K di software pengolah konten Blackmagic Design DaVinci Resolve diiklaim 26 persen lebih tinggi dibanding kompetitor.

Radeon Pro VII rencanananya akan mulai tersedia dari peritel offline dan online mulai awal Juni mendatang. Harganya dipatok sebesar 1.899 dollar AS atau sekitar Rp 28,3 juta.

Sementara itu, komputer-komputer workstation yang dilengkapi dengan Radeon Pro VII bakal mulai dipasarkan pada paruh kedua 2020 oleh para pemanufaktur OEM rekanan AMD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com