Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Video Turun, Pelanggan Netflix di Eropa Ngambek

Kompas.com - 16/05/2020, 13:01 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Para Maret lalu, Netflix berinisiatif menurunkan kualitas streaming videonya di Eropa.

Tujuannya tak lain untuk menghemat bandwidth internet, mengingat warga Benua Biru banyak yang bekerja dari rumah karena pandemi Covid-19.

Sekarang, hampir dua bulan setelahnya, streaming video Netflix belum kembali normal. Pelanggan yang sudah membayar untuk bisa menikmati video berkualitas tinggi pun mulai kesal.

Seorang pengguna di Belanda, misalnya, mengeluhkan bit rate video HD 1080p Netflix yang hanya sekitar 0,8-1,5 Mbps, jauh di bawah angka normal sebesar 5 Mbps. Sementara, bit rate streaming video 4K hanya 7,5 Mbps, dari normal 25 Mbps.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2020, Netflix dkk Wajib Bayar Pajak di Indonesia

Bit rate rendah berpengaruh ke kualitas tampilan yang menjadi buruk, seperti terlihat buram dan pixellated, terutama di layar berukuran lebar.

“Saya membayar untuk langganan 4K tapi yang saya dapat tidak layak,” keluh si pengguna dari Belanda itu di forum Reddit.

Negara-negara di Eropa perlahan telah mulai melonggarkan aktivitas warga dan bisnis setelah lockdown.

Netlfix sendiri pun sebenarnya berencana mengembalikan kualitas videonya seperti sedia kala, hanya saja waktu pastinya belum diungkapkan.

“Seiring dengan peningkatan kondisi jaringan, kami aka mulai menghapus batasan bit rate yang mulai diterapkan pada Maret, secara bertahap per negara,” ujar seorang juru bicara Netflix.

Baca juga: Telkom Siapkan Pengganti Hooq di IndiHome, Netflix?

Sebelumnya, Netlfix menurunkan kualitas streaming video di Eropa setelah diminta oleh Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, yang khawatir dengan meningkatnya beban jaringan menyusul kebijakan stay at home.

Para pemain lain di ranah video streaming melakukan langkah serupa, termasuk YouTube, Disney Plus, dan Amazon Prime Video, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Variety, Sabtu (16/5/2020).

Meski sempat dikhawatirkan, nyatanya jaringan internet di Eropa bisa menangani peningkatan trafik dengan lancar tanpa gangguan berarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com