Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet Premium Bisa Dicoba secara Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Kompas.com - 18/05/2020, 13:41 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna Gmail di Indonesia kini bisa membuat ruangan video conference menggunakan platform Google Meet secara gratis alias cuma-cuma.

Sebelumnya, fitur premium di Meet tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna G Suite, yang notabene harus membayar biaya berlangganan.

Jauh sebelum digelontorkan, pengguna gratisan sebenarnya sudah bisa menikmati layanan Meet, hanya saja mereka harus diundang oleh pelanggan G Suite yang membuat ruangan virtual.

Baca juga: Fitur Premium Google Meet Gratis hingga September

Pantauan KompasTekno, Senin (18/5/2020), sebagian besar pengguna asal Indonesia mengaku bahwa fitur premium G Suite ini sudah muncul di tampilan antarmuka akun Gmail mereka.

Fitur itu sendiri terletak di sebelah kiri bawah tampilan sidebar pada antarmuka Gmail, dengan menu "Meet" yang ditemani dengan label "New" alias baru. Begini kira-kira ilustrasinya.

Tab Google Meet kini tersedia di Gmail.Gmail Tab Google Meet kini tersedia di Gmail.

Bagi Anda yang belum menemukan menu baru tersebut, ada baiknya untuk me-restart peramban (browser), atau komputer Anda terlebih dahulu. Jika belum, maka tak ada salahnya untuk menunggu.

Diketahui, Meet sendiri memungkinkan penggunanya membuat sebuah ruangan virtual untuk bertatap muka dengan kurang lebih 100 orang secara bersamaan. Durasi waktu meeting yang dibolehkan tidak terbatas alias unlimited.

Meski demikian, setelah 30 September 2020, Google bakal membatasi durasi percakapan di setiap ruangan virtual, dari unlimited ke 60 menit, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

Kendati begitu, pengguna masih bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma, alias tanpa harus berlangganan G Suite. Sementara bagi pengguna berbayar, mereka masih mendapatkan benefit unlimited.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Meet untuk meeting secara online dengan kerabat?

Cara melakukan rapat online lewat Meet

Pengguna bisa menikmati fitur premium Google Meet ini lewat desktop maupun smartphone.

Bagi pengguna desktop, Anda bisa mengunjungi halaman Gmail lewat browser favorit Anda.

Kemudian, gerakkan kursor mouse ke bagian kiri bawah sidebar dan klik menu "Start a meeting" yang berada di bawah tulisan "Meet".

Cara pakai platform Meet lewat akun Gmail di desktop.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara pakai platform Meet lewat akun Gmail di desktop.

Beberapa saat setelah di-klik, Anda akan disodori dengan halaman pembuatan ruangan virtual. Di sini, aktifkan akses mikrofon atau kamera dan klik tombol "Join now".

Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com