Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Video Netflix di Eropa Berangsur Normal

Kompas.com - 18/05/2020, 18:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna premium Netflix di Eropa baru-baru ini memprotes Netflix. Pasalnya, layanan video on demand itu menurunkan kualitas videonya dengan bitrate lebih rendah.

Padahal, mereka sudak membayar lebih mahal demi menikmati video berkualitas tinggi. Akhirnya, Netflix mulai memulihkan kembali kualitas video di platform-nya.

Beberapa pengguna di Denmark, Norwegia, Jerman, dan beberapa negara Eropa lain mengaku adanya peningkatan bitrate.

Itu berarti, pengguna premium kembali bisa menikmati tontonan 4K HDR dengan bitrate hingga 15 Mbps.

Netflix mengaku memang meminta bebeberapa penyedia layanan internet untuk meningkatkan kapasitas bandwidth mereka. Namun, tidak disebutkan negara mana saja yang sudah dipulihkan kualitas videonya.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2020, Netflix dkk Wajib Bayar Pajak di Indonesia

"Bulan lalu sendiri, kami telah empat kali meningkatkan kapasitas normal. Seiring kondisi yang mulai normal, kami akan mencabut pembatasan (bitrate)," kata perwakilan Netflix, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (18/5/2020).

Sebelumnya, Netlfix menurunkan kualitas streaming video di Eropa setelah diminta oleh Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, yang khawatir dengan meningkatnya beban jaringan menyusul kebijakan stay at home.

Para pemain lain di ranah video streaming melakukan langkah serupa, termasuk YouTube, Disney Plus, dan Amazon Prime Video.

Meski sempat dikhawatirkan, nyatanya jaringan internet di Eropa bisa menangani peningkatan trafik dengan lancar tanpa gangguan berarti.

Baca juga: Telkom Siapkan Pengganti Hooq di IndiHome, Netflix?

Penurunan kualitas tersebut diperkirakan mengurangi trafik Netflix di Eropa sebanyak 25 persen, menurut perwakilan Netflix.

Di luar dari permintaan regulator di Eropa, Netflix sendiri memang menurunkan kualitas video di wilayah yang memiliki kapabilitas bandwidth internet yang rendah.

Pengguna juga bisa menggunakan fitur adaptive streaming yang akan menyesuaikan kualitas video secara otomatis berdasarkan bandwidth jaringan internet yang digunakan.

Selain Netflix, Apple TV juga dikabarkan telah menormalkan kembali kualitas video bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com