Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Gandeng Microsoft Bikin Sensor Kamera Cerdas

Kompas.com - 24/05/2020, 15:16 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Pada pertengahan Mei, Sony mengumumkan pengembangan sensor kamera pertama di dunia yang dibekali kemampuan pengolahan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) terintegrasi.

Pekan ini, raksasa elektronik tersebut mengumumkan kemitraan dengan Microsoft dalam pengembangan sensor kamera yang bersangkutan.

Sensor kamera Sony pun bakal menjalankan teknologi AI Azure besutan Microsoft dalam menjalankan perannya sebagai alat pemantau dan analisis bisnis oleh kalangan korporasi.

Corporate Vice President and Commercial Chief Marketing Officer Microsoft Takeshi Numoto mengatakan bahwa analisis video dan kamera cerdas bisa diterapkan untuk memperoleh insight bisnis di berbagai macam skenario.

“Kami menggabungkan kepakaran Microsoft dalam solusi analisis dan AI enterprise dengan kepemimpinan Sony di pasar sensor kamera untuk membuka peluang baru bagi para pelanggan dan mitra,” ujar Numoto.

Sensor kamera cerdas dari Sony bernama IMX500. Selain komponen penangkap gambar, sensor ini turut dibekali logic chip (digital signal processor) untuk mengolah tugas-tugas terkait AI.

Contoh penggunaannya dalam lingkungan bisnis antara lain untuk menghitung pengunjung di sebuah tempat publik, memetakan panas dan kepadatan, atau mengukur perilaku pengunjung di lokasi-lokasi ritel.

Baca juga: Sony Bikin Sensor Kamera Pertama di Dunia dengan AI

Kendati ditujukan untuk pelanggan komersil, tak menutup kemungkinan sensor serupa juga bisa digunakan di perangkat konsumen, Misalnya, untuk keperluan identifikasi pengguna dan obyek atau tracking obyek yang bergerak cepat saat merekam video.

Dihimpun KompasTekno dari ZD Net, Minggu (24/5/2020), sebagai pasangan IMX500, Sony dan Microsoft turut mengumumkan akan membuat aplikasi pengendali yang ditenagai Azure Internet of Things.

Sony mengatakan aplikasi ini nantinya akan bisa digunakan oleh pembuat kamera untuk membuat model AI sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan masing-masing.

Baca juga: Kamera OnePlus 8 Pro Ternyata Bisa Melihat Tembus Pandang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com