Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Pembaruan iOS 13.5.1 untuk Tutup Celah "Jailbreak"

Kompas.com - 03/06/2020, 12:42 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru beberapa pekan dirilis, Apple langsung memperbarui sistem operasi iOS 13.5 dan iPadOS 13.5 dengan merilis versi 13.5.1 untuk keduanya.

Berdasarkan keterangan di halaman pembaruan Apple Support, update iOS dan iPadOS versi 13.5.1 ini bertujuan untuk menambal celah keamanan dengan kode "CVE-2020-9859: unc0ver".

Diketahui, celah keamanan tersebut memungkinkan pengguna bisa membobol (jailbreak) sistem keamanan perangkat Apple dengan iOS 13.5 atau iPadOS 13.5 menggunakan metode yang dirilis oleh tim pembobol "unc0ver".

Baca juga: Apple Mulai Jual iPhone XR Rekondisi, Ini Harganya

Adapun update iOS dan iPadOS 13.5.1 ini, menurut halaman Apple tadi, hanya memperbarui sistem inti (kernel) di perangkat yang mendukung iOS dan iPadOS 13.5 saja.

Beberapa di antaranya seperti iPhone 6s ke atas, iPad Air 2 ke atas, iPad mini 4 ke atas, hingga iPod touch generasi ke-7. Artinya, fitur-fitur yang tersedia di pembaruan tersebut sama masih sama dengan iOS atau iPadOS versi 13.5.

Di samping pembaruan iOS dan iPadOS 13.5.1, perusahaan asal Cupertino, AS tersebut juga menggelontorkan pembaruan watchOS 6.2.6, tvOS 13.4.6, dan HomePod 13.4.6.

Serupa dengan iOS dan iPadOS 13.5.1, seluruh pembaruan OS yang dirilis Apple kali ini tampaknya bertujuan untuk menambal celah keamanan dengan kode "CVE-2020-9859: unc0ver" tadi.

Terlepas dari itu, seluruh pembaruan sistem sudah mulai disebar ke sejumlah perangkat yang mendukungnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (3/6/2020).

Baca juga: Apple Rilis iOS 13.5 dengan Fitur Khusus Covid-19

Untuk memperbarui versi iOS di iPhone, iPod touch, dan iPad secara manual, pengguna bisa membuka menu "Settings", lalu pilih "General" dan pilih menu "Software Update". Di sana, pilih opsi "Download and install".

Pengguna yang belum bisa menemukan pembaruan iOS, iPadOS, watchOS, tvOS, dan HomePod dengan versi yang disebutkan di atas mungkin harus bersabar sedikit menunggu update yang biasanya memang disalurkan secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com