Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Batasi Sejumlah Tayangan TVRI di IndiHome Terkait Hak Siar

Kompas.com - 03/06/2020, 16:56 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna layanan internet IndiHome mengeluh tidak bisa menonton saluran TVRI siang ini, Rabu (3/6/2020). Keluh kesah itu pun mereka ungkapkan di dunia maya melalui platform Twitter. 

Menanggapi hal ini, Telkom Indonesia sebagai pihak yang menyediakan layanan internet Indihome, membenarkan adanya pembatasan sejumlah siaran yang ditayangkan di saluran TVRI.

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo, pembatasan tersebut terkait hak siar dari penyedia konten. Meski demikian, Arif tidak memberikan informasi rinci siaran dan program apa saja yang dibatasi.

Kendati begitu, ia memastikan bahwa pembatasan ini tidak berlaku untuk siaran dan program "Belajar dari Rumah" yang dicanangkan pemerintah selama pandemi Covid-19.

Arif memastikan bahwa pelanggan Indihome tidak akan menemui kendala apapun untuk  menonton program Belajar dari Rumah melalui jaringan internet yang disediakan.

Baca juga: Sejumlah Pelanggan IndiHome Tak Bisa Akses Saluran TVRI

"Terkait dengan beberapa program di luar Belajar dari Rumah, memang ada permintaan dari TVRI untuk tidak bisa ditayangkan di IndiHome sehubungan dengan hak siar," ungkap Arif kepada KompasTekno.

Program "Belajar dari Rumah" ini sendiri ditayangkan secara eksklusif di TVRI. Program tersebut dapat ditonton selama hari kerja, dan tidak ditayangkan pada hari Sabtu dan Minggu.

Arif pun mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan sejumlah kanal seperti contact center 147, aplikasi MyIndiHome, dan akun media sosial IndiHome apabila pelanggan memiliki keluhan terkait layanan yang diberikan.

Saluran TVRI yang tidak bisa diakses sejumlah pelanggan IndiHome.KompasTekno Saluran TVRI yang tidak bisa diakses sejumlah pelanggan IndiHome.
Sebelumnya, sejumlah pelanggan IndiHome "curhat" di Twitter karena tidak dapat menonton saluran (channel) TVRI di rumah masing-masing.

Ketika mencoba untuk mengakses saluran tersebut, pelanggan malah disodori halaman pemberitahuan dengan bunyi "Program ini tidak tersedia sehubungan dengan keterbatasan hak siar dari penyedia konten."

Baca juga: Telkom Siapkan Pengganti Hooq di IndiHome, Netflix?

Hal tersebut dikeluhkan para pengguna layanan Indihome karena mereka harus menonton siaran program "Belajar dari Rumah" yang ditayangkan secara eksklusif di TVRI.

Diketahui, TVRI sendiri, bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belakangan memang rajin menggelar tayangan-tayangan edukatif di tengah pandemi Covid-19, salah satunya adalah program tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com