Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Gadget Story Galaxy S20

Cara Memotret Virtual Photoshoot agar Bebas dari Garis-garis "Flicker"

Kompas.com - 07/06/2020, 08:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memunculkan fenomena baru di dunia fotografi, yakni virtual photoshoot di mana seseorang memotret tampilan layar dari lawan bicaranya di telekonferensi.

Dengan cara ini, fotografer dan model tetap bisa melakukan kegiatan pemotretan meski terpisah jarak. Biasanya, fotografer menggunakan laptop untuk video call selama sesi pemotretan karena bidang layarnya lebih luas dibanding ponsel.

Untuk mengambil gambar, fotografer profesional bisa menggunakan kamera DLSR. Tapi tidak menutup kemungkinan juga menggunakan smartphone.

Namun, terkadang pengambilan gambar menggunakan smartphone memunculkan efek garis-garis atau flicker. Fotografer mobile, Nikko Ilham memiliki cara untuk mengakalinya.

Ia membagikan tip virtual photoshoot agar tidak bergaris atau flicker di acara Gadget Story KompasTekno bersama Samsung Galaxy S20 yang disiarkan di kanal YouTube KompasTekno, Jumat (5/6/2020).

Caranya adalah dengan menyesuaikan refresh rate layar laptop dengan shutter speed kamera. Misalnya, layar laptop berada pada refresh rate 60 Hz, maka shutter speed yang disarankan adalah  angka 1/60.

Sebab itulah, Nikko lebih menyarankan agar menggunakan mode "pro" atau "manual" yang memungkinkan pengaturan kecepatan rana secara fleksibel.

Baca juga: Tips Ambil Foto Low Light di Samsung Galaxy S20 Series

"Kalau gue biasa pakai (shutter speed) 1/60 atau 1/100, itu aman banget," jelas Nikko.

Menurut Nikko, apabila setting antara refresh rate telah sesuai, garis atau flicker tidak akan muncul. Nikko sendiri menggunakan Galaxy S20 Plus untuk membuat konten.

Dia mengatakan Galaxy S20 memiliki susunan konfigurasi yang ideal. Baik lensa wide hingga telefoto, bisa dimaksimalkan untuk fotografi mobile.

"Punya gue (Galaxy S20 Plus) kamera 64 megapiksel sudah cukup bagus banget untuk foto produk atau protrait," jelas Nikko.

Baca juga: Cara Tech Reviewer dan Fotografer Lewati Masa Pandemi dan Hadapi New Normal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com