Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Gadget Story Samsung Galaxy S20

Dedy Irvan dan Putu Reza Komentari Kemampuan Video Galaxy S20 Ultra

Kompas.com - 08/06/2020, 11:44 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat segala kegiatan kita berubah 180 derajat. Jika Anda sering melakukan kegiatan di luar rumah, hal tersebut kini tidak dianjurkan demi memutus rantai penyebaran wabah tersebut.

Kendati demikian, hal ini bukan menjadi penghalang bagi Anda yang ingin berkreasi.

Apalagi, kini sudah ada seabrek smartphone yang bisa menunjang Anda untuk membuat konten, termasuk trio Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra.

Lantas, apakah ketiga smartphone flagship Samsung tersebut mampu untuk menciptakan konten foto dan video yang ciamik untuk diunggah di media sosial? Apakah Galaxy S20 juga bisa menjadi perangkat rekam utama untuk merekam video review gadget?

Dalam bincang-bincang virtual bertajuk "Gadget Story: Gak Kaku Hadapi Normal Baru" yang digelar KompasTekno bersama Samsung, Jumat (5/6/2020), tech reviewer Dedy Irvan dan Putu Reza, serta mobile photographer Nikko Ilham memberikan jawabannya.

Gadget Story Galaxy S20 Gak kaku Hadapi Normal Baru Live di YouTube KompasTekno sore ini, pukul 16.00 WIB.Ist Gadget Story Galaxy S20 Gak kaku Hadapi Normal Baru Live di YouTube KompasTekno sore ini, pukul 16.00 WIB.
Menurut Dedy, Galaxy S20 series, terutama S20 Ultra mampu untuk membuat konten aneka konten ciamik. Hal ini disebabkan oleh sensor kamera utama ponsel tersebut yang terbilang cukup besar, yakni 108 megapiksel.

"Sensor kamera utama yang besar membuat kualitas gambar kaya akan detail. Lalu, ada efek bokeh tipis (depth of field) yang membuat hasil foto atau video berasa bagusnya," ujar Dedy.

"Saya pribadi bahkan sudah pakai (Galaxy S20 Ultra) untuk shooting beberapa video review di YouTube," imbuhnya.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 Ultra Cetak Rekor Layar Ponsel Terbaik

Hal yang sama diungkapkan oleh Putu Reza. Selain sensor kamera Galaxy S20 Ultra yang besar, ia juga berpendapat bahwa ada satu fitur yang sangat berguna untuk membuat konten, yakni penggunaan kamera yang fleksibel ketika merekam video.

"Kalau kita merekam video di Galaxy S20 Ultra, kita bisa menggunakan kamera depan dan lalu memakai kamera belakang tanpa pause," kata Putu Reza.

Gadget Story Galaxy S20 Gak kaku Hadapi Normal Baru Live di YouTube KompasTekno sore ini, pukul 16.00 WIB.Ist Gadget Story Galaxy S20 Gak kaku Hadapi Normal Baru Live di YouTube KompasTekno sore ini, pukul 16.00 WIB.
Fitur tersebut, menurut dia, berguna ketika kita ingin membuat satu konten video fleksibel yang diunggah ke media sosial, misalnya ke Instagram Stories, tanpa harus membuat dua konten dengan dua kamera yang berbeda.

Lalu, bagaimana untuk menjepret foto? Nikko mengatakan bahwa Galaxy S20 series juga bisa dipakai untuk membuat konten foto yang bagus.

Tak seperti Dedy dan Putu Reza, Nikko sendiri menggunakan Galaxy S20 Plus. (Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra)

Meski demikian, varian Galaxy S20 yang memiliki konfigurasi kamera belakang 12 MP (utama), 64 MP (telefoto), 12 MP (ultrawide), dan 3D ToF ini dianggap masih mampu untuk membuat beragam foto cantik.

Terlebih, ada fitur "Single-Take" yang memungkinkan pengguna merekam sejumlah momen dengan satu kali jepretan. (Baca juga: Fitur Single Take Galaxy S20 Rekam Banyak Foto dan Video Sekaligus)

"Ketika kita ingin merekam video, ponsel bisa dipakai juga untuk memotret lewat fitur 'Single-Take', sehingga kita tidak kehilangan momen bagus," jelas Nikko.

Di samping fitur tersebut, mode malam (night mode) di Galaxy S20 series, tambah Nikko, juga tak kalah mumpuni untuk mengabadikan aneka momen di malam hari.

Baca juga: Tips Memotret dengan Smartphone ala Fotografer Nikko Ilham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com