Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Tunggu PlayStation 5 atau Beli PS4 Sekarang?

Kompas.com - 13/06/2020, 08:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony baru saja mengungkap sosok konsol game generasi terbarunya, PlayStation 5 (PS5), dalam sebuah acara yang digelar secara online, Jumat (12/6/2020) dini hari Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Meski demikian, PS5 belum bisa dibeli, apalagi dijajal oleh konsumen. Peminat masih harus bersabar menunggu sampai peluncuran resminya pada momen liburan akhir 2020, atau sekitar bulan November hingga Desember mendatang.

Baca juga: Resmi Diumumkan Sony, Ini Dia Penampakan PlayStation 5

Mereka yang hendak membeli konsol game baru saat ini pun terjebak dalam dilema. Apakah akan menunggu sang konsol next-gen, PS5, atau meminang pendahulunya, PlayStation 4 (PS4) yang sudah berumur 7 tahun?

Nah, meski kehadiran PS5 sudah tinggal hitungan bulan, PS4 ternyata masih memiliki sejumlah aspek yang bisa menjadi alasan untuk membuatnya layak dipilih. Berikut ini penjabarannya.

Harga lebih murah

Karena sudah lama beredar di pasaran, banderol PS4 pun telah turun jauh jika dibandingkan dengan saat pertama kali hadir dulu.

Pada saat peluncurannya 2014 lalu di Indonesia, PS4 versi awal (seri CUH-1000) dibanderol dengan harga Rp 7 juta. PS4 kini terdiri tiga model, yakni CUH-1000 series (PS4 reguler), CUH-2000 series (PS4 Slim), dan CUH-7000 series (PS4 Pro).

Di Indonesia, Sony tampaknya kini hanya menjual PS4 Slim dan PS4 Pro yang sudah disertai (bundling)  game saja.

Konsol Game Sony PlayStation 4 Pro 500 Million Limited EditionSony Konsol Game Sony PlayStation 4 Pro 500 Million Limited Edition

Meski lebih ramping (PS4 Slim) dan lebih bertenaga (PS4 Pro), harga kedua konsol game tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga peluncuran PS4 versi reguler, yakni mulai dari Rp 5,2 juta di sejumlah toko resmi seperti Multigame Shop, GS Shop, hingga PSEnterprise.

Sony biasanya juga menggelar beragam promo untuk memangkas harga PS4 yang dijual di Tanah Air sehingga makin menggiurkan buat gamer.

Pada periode 25 April - 31 Mei lalu, misalnya, Sony memangkas banderol PS4 Slim (1 TB) dari  Rp 5,2 ke 4,2 juta, serta PS4 Pro (1 TB) dari Rp 7,2 juta ke 5,8 juta.

Tidak menutup kemungkinan pihak Sony bakal menggelar promo serupa di kemudian hari, apalagi menjelang peluncuran PS5 yang semakin dekat.

Baca juga: Harga Game PS5 Akan Lebih Mahal dari PS4?

Yang mungkin perlu ditambahkan, kalaupun PS5 sudah hadir nanti, harganya bisa dipastikan bakal lebih mahal dari PS5. Selain karena faktor kebaruan, secara teknis PS5 memang jauh lebih superior dibanding PS4.

Biaya pembuatan game PS5 konon lebih mahal pula sehingga bisa jadi harganya juga lebih tinggi dibanding game PS4.

Banyak game tersedia

Lantaran sudah lama eksis, PS4 pun memiliki ribuan game yang bisa dimainkan. Banyak di antaranya yang merupakan judul-judul eksklusif yang hanya ada di PS4 seperti Final Fantasy VII Remake.

Baca juga: Harga PS5 Sempat Nongol di Situs Amazon, Benarkah Rp 10 Juta?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com