Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Smartphone Google Pixel Tembus 7,2 Juta Unit

Kompas.com - 15/06/2020, 16:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Meskipun belum cukup populer secara global, namun smartphone Google Pixel cukup patut diperhitungkan. Laporan terbaru dari firma riset IDC menyebut Google  mengirimkan 7,2 juta unit ponsel Pixel sepanjang tahun 2019.

Volume pengiriman secara global ini disebut menjadi yang tertinggi untuk smartphone Pixel. Secara year-over-year (YoY), pengiriman Google Pixel di 2019 meningkat 52 persen.

IDC mengklaim pengiriman ini bahkan melampaui pengiriman smartphone dari salah satu vendor asal China, OnePlus. Namun, tidak disebutkan berapa selisih pengiriman unit antara Google dan OnePlus.

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

IDC juga tidak menjelaskan secara detail seri ponsel Google Pixel mana yang paling laris. Namun, kemungkinan Pixel 3a dan Google Pixel 3 berkontribusi cukup besar dalam pengiriman Google Pixel.

Google sendiri mengaku bahwa penjualan Pixel 3a "memuaskan". Harga jual yang lebih murah dari Google Pixel lain menjadi daya tarik untuk konsumen. Google Pixel 3a dijual seharga 400 dollar AS saat diluncurkan pada Mei 2019, bebarengan dengan acara Google I/O.

Sementara, penjualan Google Pixel 4 yang dirilis Oktober 2019 lalu, kabarnya tidak begitu tinggi. Dilaporkan Android Authority, Google Pixel 4 hanya terjual 2 juta unit dalam enam bulan pertama setelah dirilis.

Baca juga: Otak di Balik Canggihnya Kamera Google Pixel Hengkang

Google Pixel laris manis di Eropa Barat, Jepang, dan Amerika Serikat, sebagaimana KompasTekno himpun dari Gizmo China, Minggu (14/6/2020). Google memang belum memperluas pasaran Google Pixel secara global, termasuk di Indonesia. 

Google sendiri belum berambisi untuk masuk ke 10 besar merek smartphone dunia. Saat ini, Google tengah menyiapkan Google Pixel 4a. Rumor yang beredar menyebut Google Pixel 4a akan rilis bulan Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com