Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memotret Foto ala Profesional dengan Vivo V19

Kompas.com - 17/06/2020, 11:00 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecanggihan kamera smartphone masa kini membuat perangkat tersebut semakin andal untuk memotret. Teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dapat menghasilkan foto yang tampak lebih indah secara otomatis.

Vivo pun tak ketinggalan menerapkan teknologi kecerdasan tersebut. Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan, kecerdasan buatan antara lain digunakan di ponsel V19.

"Fitur tersebut jika diaktifkan dapat menghasilkan foto yang presisi dengan tingkat saturasi, ketajaman, warna, dan kecerahan yang disesuaikan dengan gambar obyek yang sedang difoto,” ujar Edy dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Asisten Pintar Jovi di Vivo V19 Bantu Pengguna Lebih Fit Hadapi New Normal

V19 dari Vivo dibekali dengan 48 MP AI Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera super wide-angle 8 MP (f/2.2), kamera super macro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Kamera depannya yang beresolusi 32 MP dibekali fitur Super Night Selfie untuk memaksimalkan hasil jepretan pada malam hari. Untuk kamera belakang, tersedia Super Night Mode yang memiliki fungsi serupa.

Selain itu, terdapat sejumlah fitur lain di aplikasi kamera Vivo V19 yang dapat dioptimalkan untuk mendapat foto berkualitas apik layaknya profesional, mulai dari fitur untuk mengatur pose, lighting, hingga melakukan editing

Selengkapnya, silakan simak rangkaian tips di bawah untuk memaksimalkan fitur-fitur ini.

1. Atur komposisi dengan AI

Pengaturan kamera pada Vivo V19Vivo Pengaturan kamera pada Vivo V19

Di menu setting aplikasi kamera terdapat tool Composition Lines yang dapat membantu pengaturan komposisi saat membidik gambar dengan menampilkan garis rule of thirds.

AI Portrait Framing bisa memandu pengguna untuk mendapat hasil framing yang lebih menawan saat pemotretan portrait dengan orang lain sebagai model.

Baca juga: Menilik Kebolehan 5 Kamera yang Ada di Vivo V19

Sementara itu, AI Scene Identification akan mengenali jenis obyek foto dan melakukan pengaturan saturasi, ketajaman, warna, dan kecerahan secara otomatis.

2. Variasikan cahaya dengan Filter Tone dan Portrait Light Effects

Selain komposisi, cahaya adalah unsur lain yang menentukan kualitas foto. Vivo V19 menyediakan fitur Filter Tone dan Portrait Light Effects untuk mendapatkan variasi pencahayaan yang lebih beragam, misalnya Stereo Light dan Monochrome Mode.

Dalam kondisi minim cahaya, pengguna dapat memanfaatkan mode Super Night yang tersedia di kamera depan dan belakang untuk mendapat foto yang tampak jelas.

3. Sesuaikan kamera dengan jenis obyek

Pengaturan kamera pada Vivo V19Vivo Pengaturan kamera pada Vivo V19

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com