Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Saham Nintendo Cetak Rekor Tertinggi Sejak 12 Tahun Terakhir

Kompas.com - 21/06/2020, 16:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Popularitas konsol Nintendo dan aneka game buatannya menanjak di tengah pandemi Covid-19 yang melanda negara-negara di berbagai belahan dunia.

Pekan lalu, harga saham pabrikan asal Jepang itu menembus 50.000 yen (Rp 6,6 juta) per lembar. Nilainya ditutup di 50.520 yen di akhir pedagangan hari Jumat lalu.

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi untuk saham Nintendo selama 12 tahun terakhir. Kali terakhir harganya melewati 50.000 yen adalah pada 2008.

Baca juga: Mengenal Animal Crossing: New Horizons, Game Populer di Tengah Pandemi Covid-19

Faktor pendukungnya, menurut Katsuyuki Fujii, seorang analis di Asunaro Investment, antara lain adalah ketakutan terhadap gelombang kedua virus corona.

"Dua bulan terakhir saham Nintendo sempat kesulitan. Angka permintaan karena stay at home turun karena ekonomi mulai dibuka kembali dan Jepang mencabut status darurat," ujar Fujii.

"Namun, seiring dengan mengemukanya ketakutan gelombang kedua virus corona, orang-orang kembali melirik saham (Nintendo)," imbuh Fujii, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (21/6/2020).

Selain itu, harga saham Nintendo juga terdongkrak oleh pengumuman game Pokemon baru untuk konsol Switch dan mobile. Nintendo memiliki saham di Pokemon.co selaku pemilik brand Pokemon.

Baca juga: Sebanyak 300.000 Akun Nintendo Dibobol Hacker

Switch sendiri laku keras semenjak lockdown di berbagai negara, terutama berkat game social simulator Animal Crossing: New Horizon yang banyak digemari. Konsol game portabel itu habis terjual di beberapa wilayah pasar.

Meski demikian, nasib Nintendo untuk sisa tahun 2020 masih belum jelas. Selain seri Pokemon, belum ada judul game populer lain yang dijadwalkan segera hadir.

Sementara itu kompetitornya, Sony, sedang bersiap merilis PlayStation 5 dan telah mengumumkan lebih dari 20 game yang bakal tersedia di konsol tersebut.

Demikian juga dengan Microsoft yang bakal menjagokan konsol next-gen XBox Series X. Baik PS5 dan Xbox Series X akan meramaikan pasar menjelang musim liburan akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com