Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Link Google Maps untuk Melihat Benda Diduga Kapal Karam di Cisolok

Kompas.com - 22/06/2020, 15:21 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan tangkapan layar (screenshot) citra satelit Google Maps viral di media sosial. Tangkapan layar itu berisi foto-foto benda mirip kapal yang karam.

Benda yang diduga sebagai kapal karam itu berlokasi tak jauh dari Pantai Cikembang, Kecamatan CisolokSukabumi, Jawa Barat.

Menurut keterangan saksi, foto tersebut pertama kali ditemukan oleh tiga orang nelayan bernama Akbar, Iki, dan Asep, yang hendak memancing di laut selatan Sukabumi.

Awalnya, ketiga nelayan tersebut sedang menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari lokasi memancing yang strategis. Namun, tak disangka-sangka, mereka justru menemukan sosok benda mirip kapal yang terlihat karam di tengah laut.

Baca juga: Cara Melihat Perjalanan dan Lokasi yang Pernah Dikunjungi lewat Google Maps

"Awalnya Iki tidak sengaja lihat benda yang aneh di Google Maps, lalu menanyakan ke saya, dan saya juga penasaran," kata Akbar Alfiana (22) kepada Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Foto tersebut kemudian disebar di grup Facebook oleh Iki pada Jumat (19/6/2020) sekitar pukul 23.00 WIB dengan harapan mendapat jawaban dari warganet.

Setelah foto itu viral di media sosial, petugas gabungan yang beranggotakan TNI, Polri, dan tim SAR langsung melakukan penelusuran ke lokasi penampakan kapal karam tersebut.

"Penelusuran ini untuk memastikan keberadaan kapal karam yang tertangkap kamera satelit Google Maps itu. Namun, untuk memastikannya, kami terkendala peralatan deteksi bawah laut," kata Kepala Satuan Polair Polres Sukabumi AKP Tri Andri Apandi, di Sukabumi, Minggu (21/6/2020).

Petugas pun mengerahkan kapal patroli yang bertolak dari Dermaga I Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu menuju titik koordinat kapal yang berada di 6.97'2601" Bujur Timur-106.42'7192" Lintang Selatan, tepatnya di Pantai Cikembang, Kecamatan Cisolok.

Baca juga: Google Maps Tertipu oleh 99 Ponsel di Gerobak

Sesampainya di lokasi, petugas mengamati secara manual untuk memastikan koordinasi dan dengan hati-hati memantau situasi arus permukaan. Petugas kemudian berhasil mengidentifikasi kapal berjenis kargo tersebut.

Diperkirakan kapal itu memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 28 hingga 30 meter dan berbobot mati 120.000 ton.

Penampakan benda mirip kapal karam itu terlihat jelas pada Google Maps, dan dapat diakses melalui tautan link atau berikut ini. Foto kapal akan terlihat saat mengubah tampilan ke citra Satelit. (Budiyanto/ David Oliver Purba/Farid Assifa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com