Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Rilis Pokemon Unite, Game MOBA Pokemon Pertama

Kompas.com - 25/06/2020, 11:15 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam sebuah acara bertajuk Pokemon Presents yang digelar secara online pada Rabu (24/6/2020), Nintendo resmi mengumumkan game terbarunya, Pokemon Unite untuk Android, iOS, dan Nintendo Swicth

Pokemon Unite menjadi game Pokemon pertama dengan genre populer Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Game ini hasil kerja sama Nintendo dengan Tencent, yang sebelumnya dikenal telah mengembangkan game MOBA Arena of Valor (AoV).

Dalam trailer berdurasi 11 menit yang diunggah di YouTube Nintendo, Pokemon Unite nampak menyajikan gameplay 5 lawan 5 yang serupa dengan game MOBA lainnya. Perbedaan yang paling mencolok terlihat pada bentuk arena pertandingan.

Baca juga: Game Arena of Valor Hadir di Nintendo Switch Bulan Depan


Pokemon Unite memiliki bentuk arena yang panjang membentang ke samping (horizontal), di mana base tim pemain akan berada di sisi kiri, sedangkan base tim lawan berada di sisi kanan arena.

Game ini turut menyajikan karakter Pokemon dari beragam region, mulai dari Venusaur, Charizard, Blastoise, dan Pikachu yang berasal dari region Johto, hingga Bewear dari region Alola.

Game Pokemon Unite.Nintendo Game Pokemon Unite.
Tujuan utama pada game Pokemon Unite adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Pemain dapat meraih poin dengan melawan serta menangkap Pokemon liar yang berlalu-lalang di sepanjang arena.

Setelah mengalahkan Pokemon liar, karakter Pokemon pemain juga dapat naik level serta berevolusi. Ketika naik level, Pokemon pemain akan mendapat beragam opsi skill, mulai dari skill jarak jauh hingga jarak dekat.

Dengan demikian, para pemain dapat mengatur skill apa yang akan digunakan selama bertanding. Uniknya, Pokemon Unite tidak menyajikan sistem pertandingan elemen yang biasa hadir pada franchise game Pokemon.

Baca juga: Pokemon Go Tak Bisa Dimainkan di Ponsel 32-Bit, Ini Ciri-cirinya

Selama bermain, pemain akan menjumpai tim lawan di sepanjang arena. Pada kesempatan ini, pemain dapat bertarung melawan tim lawan dan merebut poin-poin yang sebelumnya telah mereka kumpulkan.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (25/6/2020), Pokemon Unite akan dirilis secara gratis dan dapat dimainkan secara lintas platform (cross-play) pada Nintendo Switch dan mobile untuk Android dan iOS.

Namun, Nintendo masih enggan untuk memberikan informasi kapan game MOBA Pokemon pertamanya ini akan diluncurkan. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com