Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis "Preview" Aplikasi Antivirus untuk Android

Kompas.com - 25/06/2020, 18:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Februari lalu, Microsoft mengatakan akan merilis aplikasi antivirus Defender besutannya untuk perangkat Android dan iOS. Microsoft kini telah mulai menyalurkan versi public preview dari Defender untuk Android.

Antivirus Defender bukan ditujukan untuk pengguna umum, melainkan kalangan korporat pelanggan Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP), sebuah platform sekuriti berbasis manajemen perangkat mobile untuk perusahaan.

Perusahaan pelanggan Defender ATP akan mendapat sebuah opsi baru di dashboard yang memungkinkan pemasangan aplikasi antivirus Defender di perangkat Android milik karyawan.

Baca juga: Daftar Antivirus Windows 7 yang Masih Rutin Diperbarui

Defender sendiri memiliki cara kerja mirip aplikasi antivirus lain pada umumnya. Aplikasi ini bisa mendeteksi keberadaan malware atau program berbahaya lainnya.

"Kalau sebuah aplikasi aman dan bisa diunduh, end user akan mendapat notifikasi yang memberitahukan bahwa aplikasi itu 'bersih'," ujar Kanishka Srivastava, Senior Program Manager Microsoft.

Microsoft Defender ATP pada AndroidZDNet.com Microsoft Defender ATP pada Android


"Jika Microsoft Defender ATP menemukan adanya aplikasi berbahaya terpasang pada perangkat, maka sistem akan mengkategorikan perangkat bersangkutan sebagai 'berisiko tinggi' dan menandainya di Microsoft Defender Security Center," imbuh Srivastava.

Perangkat yang dikategorikan berisiko tinggi lantas bisa dibuat tidak bisa mengakses data perusahaan, misalnya yang tersimpan di server Outlook atau akun OneDrive, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZD Net, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Ancaman Malware di Perangkat Mac Kini Lampaui Windows

Selain mendeteksi program jahat, Defender juga bisa menangkal upaya phising. Tautan menuju situs berbahaya yang dikirim lewat e-mail, SMS, WhatsApp, atau aplikasi lain akan diblokir secara otomatis.

Microsoft berencana menambah kemampuan Defender dalam beberapa bulan ke depan. Versi preview dari antivirus Defender untuk iOS akan menyusul dirilis tahun ini. Persyaratan dan instruksi pemasangan Defender untuk Android dapat dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com