Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Penjual Akun Premium Netflix dan Spotify, Lebih Murah dari Resmi

Kompas.com - 26/06/2020, 14:52 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan marak beredar pedagang online yang menjual akun atau layanan langganan berbayar (premium) untuk beragam platform hiburan. Sebut saja seperti Spotify Premium, Netflix, Youtube Premium, dan lain sebagainya.

Uniknya, para pedagang ini memasang harga berlangganan yang jauh lebih murah dibanding banderol resmi.

Misalnya, akun Spotify Premium yang banderol resminya Rp 50.000 per bulan, dijual dengan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per bulan. Lantas, mengapa bisa semurah itu?

Baca juga: Nasib Indonesia Akan seperti Ukraina jika Tak Basmi Streaming Ilegal

KompasTekno pun bertanya kepada seorang penjual akun-akun premium ini, sebut saja AP. Lewat sebuah jejaring sosial, AP menjual aneka layanan premium untuk Netflix, Spotify, VIU, Apple Music, hingga koin Line, dengan harga yang tak menguras kantong.

AP pun mengaku bahwa mereka mengandalkan sistem berlangganan keluarga, atau biasa disebut paket Family Plan.

Paket tersebut, seperti namanya, memungkinkan satu pengguna mengajak sejumlah pengguna lainnya untuk "urunan" demi mendapaAPan satu benefit yang sama.

Tagihannya sendiri nantinya bakal digabungkan menjadi satu pembayaran, dan biasanya memang lebih murah ketimbang paket berlangganan pribadi (personal).

"(Berlangganan) ini sistem family, jadi dimasukkan manual satu per satu. Kami di sini jadi manajer akun yang bisa memasukkan beberapa akun ke satu family (keluarga)," ujar AP kepada KompasTekno, Rabu (24/6/2020).

Murah dan diklaim legal

Nah, apabila dihitung, harga yang ditetapkan AP sendiri memang jauh lebih terjangkau dibanding harga resmi dari Spotify, meski mengandalkan paket berlangganan keluarga.

Paket Premium Netflix (4K dan maksimal 4 profil) yang dibanderol Rp 169.000 per bulan, misalnya, bisa didapaAPan oleh pengguna dengan hanya merogoh kocek Rp 32.000 per bulan.

Fitur premium Spotify juga dilego dengan harga yang tak kalah murah. Untuk menikmati layanan streaming lagu bebas iklan dan fitur download selama satu tahun, pengguna cukup membayar Rp 58.000 saja, jauh lebih murah dibanding harga resmi (Rp 500.000).

Baca juga: Orang Indonesia Dengar Lagu di Spotify 90 Menit Sehari

AP tidak menjelaskan rahasia di balik harga murah yang ditawarkan, terlepas dari memanfaaAPan paket berlangganan keluarga tadi.

Yang pasti, mereka mengklaim bahwa layanan berlangganan premium yang disediakan di tokonya legal, alias bukan abal-abal yang mengandalkan benefit free trial atau aplikasi Android (APK) ilegal.

Mereka lantas mencontohkan layanan berbayar Netflix yang dijamin anti-hold atau tak akan kena blokir.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com