Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Perkenalkan Chipset Gaming Helio G25 dan G35

Kompas.com - 01/07/2020, 07:59 WIB
Reska K. Nistanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Produsen chipset MediaTek resmi meluncurkan dua SoC terbaru, yakni Helio G25 dan Helio G35. Sesuai dengan huruf "G" pada namanya, kedua chipset ini fokus pada smartphone gaming.

Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek, Dr. Yenchi Lee, mengatakan bahwa kedua chipset ini menawarkan fitur-fitur smartphone premium yang sudah ada di lini seri G lainnya.

"Termasuk efisiensi daya yang lebih tinggi, kinerja optimal, permainan yang lebih mulus, dan fotografi lebih baik,” ungkap Lee dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (1/7/2020).

MediaTek Helio G25 dan G35 ditenagai CPU ARM Cortex-A53. Helio G25 memiliki clock frekuensi hingga 2 GHz sementara G35 hingga 2,3 GHz. 

Baca juga: Mediatek Dimensity 820 Meluncur, Chipset 5G Untuk Ponsel Kelas Menengah

Kedua chip ini mengedepankan GPU IMG PowerVR GE8320, dengan clock hingga 650 MHz untuk G25 dan 680 MHz untuk G35.

Baik Heklio G25 maupun Helio G35, diklaim memiliki efisiensi daya optimal berkat proses produksi FinFet 12 nm, yang digabungkan dengan pengelolaan daya cerdas MediaTek HyperEngine.

Hal tersebut diklaim dapat membuat umur baterai perangkat lebih hemat, bahkan ketika bermain game dalam waktu lama.

Helio G25 dan Helio G35 juga telah mendukung fitur multi-kamera untuk mendukung efek bokeh.

Helio G25 mendukung kamera tunggal hingga 21 MP dan video 30 fps, sementara G35 mendukung kamera 25 MP disertai fitur-fitur AI, termasuk efek bokeh tersimulasi.

Baca juga: MediaTek Helio P95 Meluncur, Pertama dengan HyperEngine

Selain itu, ada pula dukungan SIM 4G ganda, yang memungkinkan perangkat melakukan panggilan VoLTE/ViLTE di kedua koneksi.

Sejumlah ponsel dengan chip Mediatek G25 dan G35 sendiri telah resmi meluncur, seperti Realme C11 dengan Helio G35 yang dirilis di Indonesia Selasa (30/6/2020). Selain itu ada pula Redmi 9A yang mengusung Helio G25 yang telah diumumkan Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com