Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Xbox Live Tinggalkan Microsoft Setelah 15 Tahun Berkarier

Kompas.com - 01/07/2020, 11:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah berkiprah selama 15 tahun di Microsoft dan mengembangkan Xbox Live, Daniel McCulloch resmi meninggalkan perusahaan.

Melalui akun Twitternya, ia mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya kepada publik. Ia pun mengatakan bahwa dirinya menemukan sebuah peluang baru di perusahaan lain.

"Setelah 15 tahun di Xbox, saya mengumumkan hari ini adalah kepergian saya. Saya berhasil memiliki banyak teman, belajar banyak serta telah bersenang-senang," tulis Daniel. 

Meski telah resmi mengumumkan pengunduran dirinya, namun, Daniel sendiri masih enggan membeberkan kemana ia akan berlabuh, maupun siapa yang akan menggantikannya di Microsoft.

Beberapa rumor yang beredar pun mengatakan bahwa McCulloch masih akan tetap berkecimpung di dunia gaming.

Baca juga: Ungkap Daftar Game Xbox Series X, Microsoft Malah Disindir Warganet

"Saya bersemangat tentang kesempatan berikutnya dalam karier saya dan saya akan mengumumkannya segera, kalian semua tentu akan bersemangat," tulis Daniel melalui akun Twitter pribadinya.

Kepemimpinan McCulloch diketahui telah memberikan dampak yang besar pada perkembangan Xbox Live dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Ia dikenal sebagai sosok yang telah memicu pesatnya pertumbuhan jaringan Xbox Live, hingga berevolusi menjadi layanan game yang fundamental bagi Microsoft.

Pada awal tahun 2020, Xbox Live dikabarkan berhasil memecahkan rekor baru. Berdasarkan laporan pendapatan perusahaan, diketahui Microsoft memiliki 90 juta pengguna aktif pada Xbox Live.

Raksasa teknologi tersebut juga berhasil menggaet 10 juta pelanggan Xbox Game Pass, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari True Achievements, Rabu (1/7/2020), .

Sebelumnya, Daniel memulai karier sejak tahun 2005 sebagai manajer program, dan menjadi lead producer pada proyek game Forza Motosport di tahun 2007.

Baca juga: Microsoft Siapkan Rp 273 Juta Bagi Penemu Bug Xbox

Dua tahun kemudian, ia beralih mengelola jajaran produk pertama di Kinect, yakni Xbox One dan HoloLens.

Daniel McCulloch lantas diangkat sebagai kepala pada program virtual pada Xbox dan mengakhiri karier di Microsoft sebagai General Manager Xbox Live.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com