Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Rilis Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus untuk Smartwatch

Kompas.com - 01/07/2020, 20:18 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan chip mobile Qualcomm kembali merilis system-on-chip (SoC) yang dikhususkan untuk peranti wearable smartwatch. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Qualcomm merilis dua chip.

Keduanya mengusung seri Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus, yang merupakan penerus Snapdragon Wear 3100, yang kini sudah berusia dua tahun.

Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus dirancang dengan arsitektur hybrid, serta membawa beberapa sejumlah peningkatan. Snapdragon Wear 4100 misalnya, dibekali CPU Cortex-A53 dan telah menggunakan fabrikasi 12 nm (nanometer).

Baca juga: Smartwatch Advan S1 Dijual Rp 699.000 di Indonesia

Dengan peningkatan tersebut, Snapdragon Wear 4100 diklaim memiliki performa dan memori 85 persen lebih cepat, serta mampu menghasilkan kualitas grafis dua setengah kali lipat lebih tinggi dibandingkan Snapdragon Wear 3100.

Selain itu, Snapdragon Wear 4100 diklaim dapat menghemat daya baterai hingga 25 persen lebih irit dari pendahulunya.

Sementara Snapdragon Wear 4100 Plus memiliki spesifikasi yang serupa, namun membawa co-prosesor berdaya rendah, yang mampu menanggung beban kerja lebih banyak dari prosesor utama.

Co-prosesor pada Snapdragon Wear 4100 Plus dapat diandalkan untuk kegiatan multitasking, dan mampu menghemat daya baterai lebih irit.

Baca juga: Pengiriman Perangkat Wearable Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus turut mendapatkan upgrade konektivitas Bluetooth 5.0, mendukung eSIM, optimisasi pada asisten suara dan pemutar musik, serta kemampuan untuk menghemat daya meski smartwatch dalam keadaan aktif.

Keunggulan dari kedua SoC ini terlihat pada performa yang dihadirkan ketika pengguna menggunakan berbagai mode yang ada pada smartwatch.

Pada mode ambient, smartwatch dapat menampilkan hingga 64.000 warna  serta dapat
melacak detak jantung, memantau pola tidur, serta mengatur tingkat kecerahan secara otomatis.

Sedangkan pada mode sports, pengguna smartwatch dengan SoC ini juga bakal dapat menjalankan fitur yang serupa di atas, namun dengan fitur tambahan peta untuk melacak lokasi.

Di sisi lain, pada mode watch only, pengguna bisa mengakses fitur tambahan berupa alarm, penghitung langkah kaki, tilt-to-wake yang lebih responsif dan alarm.

Baca juga: 8 Merek Smartwatch Terbesar di Dunia, Apple Juaranya

Dirangkum KompasTekno dari Android Central, Rabu (1/7/2020), smartwatch pertama yang  mengusung kedua SoC baru adalah Mobvoi TicWatch Pro Next Gen yang menggunakan Wear 4100 Plus bersamaan dengan Wear OS.

Sedangkan Snapdragon Wear 4100 akan digunakan pada smartwatch khusus anak-anak, BBK Z6 Ultimate. Produk-produk smartwatch lain yang menggunakan Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus rencananya akan banyak dirilis tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com