Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Instagram Ingatkan Pengguna untuk Pakai Master

Kompas.com - 05/07/2020, 12:05 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Facebook berencana untuk menampilkan pesan khusus di tampilan linimasa media sosial besutannya. Isi pesan mengingatkan pengguna tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Saat berada di ruang publik, tutupi mulut dan hidung anda dengan penutup wajah berbahan kain," bunyi penggalan pesan tersebut.

Di bawahnya terdapat dua tombol untuk memperoleh keterangan lebih lanjut di pusat informasi Facebook tentang Covid-19, dan laman otoritas kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Baca juga: Singapura Bagikan Gadget Pelacak Covid-19 Alternatif Smartphone

Selain Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (5/7/2020), pesan serupa juga akan ditampilkan di linimasa Instagram.

Motivasi Facebook menampilkan pesan di atas tak lain untuk mengurangi penyebaran Covid-19, khususnya di AS yang belakangan mengalami kenaikan kasus positif hingga menembus angka 50.000 per hari semenjak berupaya membuka kembali ekonominya.

CDC memang menganjurkan warga AS untuk mengenakan masker demi mengurangi risiko transmisi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 lewat droplet dari hidung dan mulut.

Sayangnya, opini warga AS tentang masker terbelah. Sebagian warga menaati anjuran pemakaian masker, sementara sebagian lagi menolak karena berbagai alasan. Terlebih, Presiden AS Donald Trump tidak memberi contoh kepada publik dengan mengenakan masker.

Baca juga: Facebook Punya Halaman Khusus untuk Informasi Resmi Seputar Covid-19

Facebook sendiri mesti berupaya memerangi misinformasi tentang Covid-19 yang marak beredar di media sosialnya. Sejumlah upaya ditempuh, permasuk memberi peringatan kepada pengguna yang melihat posting berisi informasi keliru.

Rencananya Facebook dan Instagram akan mulai menampilkan pesan soal pemakaian masker pada pekan ini. Belum diketahui apakah pesan akan muncul secara global atau terbatas untuk warga di AS saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com