Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2020, 10:11 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah mendengar frasa handphone (HP/hape) "kentang"? Istilah tersebut biasanya dilontarkan oleh pengguna yang berkeluh kesah, tentang kinerja hardware sebuah ponsel.

Selain itu, HP kentang juga biasanya dipakai sebagai ejekan, guna menyindir smartphone yang mengusung spesifikasi rendah, atau tidak bisa menjalankan aneka game kekinian, seperti PUBG Mobile, Modern Combat, atau Assasin's Creed Identity.

Meski hanya sekadar istilah, siapa sangka ternyata ada seseorang yang membuat HP dari kentang sungguhan.

Baca juga: Apa Itu HP Kentang Menurut YouTuber dan Pengamat Gadget?

Ialah Khoirul Anam, pria asal Magelang, Jawa Tengah yang beberapa waktu lalu sempat viral di jejaring sosial Facebook, lantaran postinganya menampilkan sederet penampakan HP yang memang dibikin dari kentang.

Anam, begitu panggilan akrabnya, memutuskan untuk membuat HP kentang, karena teman-temannya sering mengejeknya ketika berkumpul bersama.

Di momen seperti itu, tak jarang ia mendapatkan lontaran kata-kata umpatan "HP kentang" lantaran ponsel yang dimilikinya tidak bisa dipakai untuk bermain game bersama kerabatnya.

"Ketika berkumpul bersama teman saya yang sedang asyik main game, saya biasanya melamun karena mau install (pasang) game memorinya malah penuh," ujar Anam ketika dihubungi KompasTekno, Kamis (25/6/2020) lalu.

"Lalu, ada satu teman yang menyahut 'dasar HP kentang'," tambah Anam

Pakai Nokia 3310

Video review di YouTube yang menunjukkan Nokia 3310 anti bengkokYouTube/adrianisen Video review di YouTube yang menunjukkan Nokia 3310 anti bengkok

HP yang dibuat Anam sendiri tidak murni sepenuhnya dari kentang. Ia mengandalkan aneka komponen, seperti LCD, keypad, baterai, dan lain sebagainya, dari ponsel lawas yang pernah ia gunakan sebelumnya, yakni Nokia 3310.

Kentang yang ia dapat lantas diukir dan digabungkan sedemikian rupa dengan aneka komponen ponsel yang sempat populer di tahun 2000-an tersebut. Proses ini, menurut Anam, hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Baca juga: Nokia 3310 4G Resmi, Bisa WiFi dan Pakai WhatsApp

Meski demikian, jauh sebelum proses pengukuran dan perakitan HP kentang berlangsung, ia mengaku kesulitan untuk mencari kentang yang cukup besar. Sebab, dimensi Nokia 3310 juga terbilang cukup besar dan tebal.

"Bikin HP kentang hanya 10 menit karena kebetulan saya punya Nokia 3310. Kesulitannya justru mencari kentang yang cocok, karena ponsel itu ukurannya besar," jelas Anam.

Hanya untuk lelucon

HP kentang buatan AnamFacebook/KhoirulAnam HP kentang buatan Anam

Kendati seperti ponsel sungguhan, Anam mengaku membuat HP kentang hanya untuk lelucon semata. Artinya, ponsel tersebut tidak benar-benar menyala sebagaimana seperti perangkat seluler pada umumnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com