Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istilah HP Kentang untuk Ejek Ponsel Pas-pasan, dari Mana Asal-usulnya?

Kompas.com - 06/07/2020, 15:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah "hape (HP) kentang" saat ini banyak digunakan, baik di dunia maya maupun nyata.

Istilah tersebut kerap dipakai untuk mengolok-olok ponsel yang memiliki spesifikasi rendah dan "melempem" saat digunakan untuk main game.

Namun, dari mana istilah ini muncul? Istilah "kentang" sendiri bukanlah sebuah ungkapan baru.

Kentang sendiri merupakan kependekan dari ungkapan "kena tanggung", atau segala sesuatu yang serba hampir dan kurang maksimal.

Sebenarnya, istilah "kentang" juga populer digunakan remaja di Amerika Serikat (AS).

Menurut situs Urban Dictionary, kentang (potato) merupakan bahasa slang untuk mengolok-olok sesuatu yang dianggap buruk, bodoh, membosankan, atau tidak menarik. Misalnya, menyebut suatu acara yang membosankan atau mengolok-olok benda yang dinilai jelek.

Baca juga: Pria Magelang Bikin HP Kentang dari Nokia 3310

Salah satu pengguna di forum diskusi Quora juga membagikan pendapatnya, bahwa bisa jadi istilah kentang diambil dari kata Fanshu yang berarti ubi dalam bahasa Kanton.

Biasanya, kata itu digunakan untuk makian kepada seseorang yang kurang pandai dengan berkata "dafanshu" yang secara harfiah berarti kentang besar.

Arti tersebut agak mirip dengan slang potato-head di Amerika yang juga kerap digunakan untuk mekian yang sama. Definisi ini agak sedikit mirip dengan arti "kentang" di Indonesia.

Umumnya, ungkapan ini ditujukan untuk menyebut sesuatu yang nilainya lebih rendah atau kurang maksimal. Tak terkecuali soal gadget.

"Hape kentang adalah ponsel dengan spesifikasi pas-pasan. Terbatas banget kemampuannya," jelas pengamat gadget, Herry SW.

Pas-pasan yang dimaksud bisa dilihat dari spesifikasi yang terbilang lebih rendah daripada kebanyakan ponsel kelas di atasnya. Herry mencontohkan, Hape kentang biasanya memiliki ruang penyimpanan kecil, misalnya RAM 2 GB dan ROM 16 GB.

Prosesor yang digunakan juga biasanya kelas bawah dan baterainya kurang dari 4.000 mAh. Pendapat senada juga diuraikan pengamat gadget, Lucky Sebastian.

Baca juga: Apa Itu HP Kentang Menurut YouTuber dan Pengamat Gadget?

Lucky mengatakan "HP kentang" biasanya masuk dalam kategory entry level. Ponsel dalam kategori ini biasanya kurang maksimal apabila digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, Asphalt 9, CoDM, dll.

"Ketika digunakan untuk bermain game yang berat sering tidak mampu atau lag parah, karena tidak didesain untuk itu," paparnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com