Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Fitur Mode Gelap untuk Aplikasi Docs, Sheets dan Slides

Kompas.com - 08/07/2020, 16:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, Google akhirnya merilis fitur mode gelap (dark mode) untuk aplikasi produktivitas buatannya yang berbasis cloud, yaitu Docs, Sheets dan Slides di platform Android.

Google mengatakan bahwa aplikasi akan secara otomatis menggunakan tema yang digunakan oleh pengguna di setting perangkat. Artinya jika perangkat pengguna sudah mengaktifkan mode gelap, mereka tidak perlu mengaktifkannya secara manual lewat aplikasi.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Mode gelap tersebut akan secara otomatis diaktifkan apabila pengguna telah mengaktifkan opsi "Dark Theme" di pengaturan ponselnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Selasa (7/7/2020).

Pengguna juga dapat menyalakan mode gelap secara manual di masing-masing aplikasi dengan cara mengetuk tombol menu di kiri atas, lalu ke pengaturan, dan pilih opsi tema "Dark" atau "Light".

Tampilan Dark Mode pada Google Docs, Sheet, Slidesthenextweb.com Tampilan Dark Mode pada Google Docs, Sheet, Slides

Sesuai dengan namanya, Mode Gelap alias Dark Mode menyajikan tampilan teks putih di atas latar belakang hitam, sedangkan "Light Mode" menampilkan teks berwarna hitam di atas latar belakang putih.

Selain membuat tampilan aplikasi menjadi lebih nyaman dipandang, khususnya ketika berada di lingkungna gelap, mode "Dark Mode" juga dapat menghemat daya baterai pada perangkat.

Baca juga: Google Kini Hapus Riwayat Aktivitas Pengguna Secara Otomatis

Saat mode gelap aktif, pengguna juga bisa memperoleh preview tampilan dokumen di mode biasa (light theme), dengan cara meng-klik tombol "More" di bagian kanan atas lalu pilih "View in light theme" untuk melihat sekilas tampilan dokumen sebelum dikirim ke orang lain.

Saat ini fitur mode gelap Docs, Sheets, dan Slides baru tersedia bagi pengguna perangkat dengan Android 10 atau yang lebih baru. Google belum memastikan kapan fitur mode gelap ini akan tersedia untuk perangkat iOS atau PC.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com