Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Xiaomi Redmi 9, Meluncur di Indonesia 14 Juli

Kompas.com - 10/07/2020, 16:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesan berat di genggaman terasa saat KompasTekno menggenggam Redmi 9 untuk pertama kali. Ponsel entry-level terbaru dari Xiaomi yang segera masuk Indonesia ini memiliki bobot 198 gram, lebih berat dibanding Redmi 8 dengan bobot 188 gram.

Sementara dimensi Xiaomi Redmi 9 adalah 163,32 x 77,01 x 9,1 mm, lebih bongsor dibanding Redmi 8 yang memiliki dimensi 156,5 x 75,4 x 9,4 mm. Namun dimensi yang lebih besar itu tak jadi soal saat mengoperasikan ponsel.

Secara desain, Redmi 9 membawa penyegaran di lini ponsel low-end Xiaomi. Terlepas dari selera yang subyektif, namun desain Redmi 9 ini memang sedikit berbeda dari Redmi 8. Terutama bagian punggung.

Baca juga: Beredar, Bocoran Spesifikasi Lengkap dan Tampilan Redmi 9

Cangkang pelindung Redmi 9 memiliki dua tekstur yang berbeda. Lingkaran yang mengitari modul kamera, bertekstur halus, sementara bagian luar lingkaran memilki tekstur garis-garis samar.

Bagi yang telapak tangannya sering berkeringat, tekstur ini cukup menolong karena punggung menjadi tidak begitu licin, sehingga nyaman digenggam.

Di punggung Redmi 9 bagian atas terdapat tiga lensa yang berjajar vertikal, dengan panel sensor pemindai sidik jari di urutan terbawah. Di sebelah modul lensa, terdapat satu kamera lain yang ditemani LED flash.

Di sisi kiri, modul kamera terdapat tulisan "AI Quad Camera 13 MP" yang merupakan resolusi kamera utama Redmi 9. Kamera utama itu ditemani kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 5 MP.

Modul kamera Redmmi 9 yang terdiri dari kamera utama 13 MP,  ultra-wide 8 MP dan makro kamera 5 MP yang tersusun vertikal. Satu kamera lain yang terpisah adalah depth sensor 2 MP yang ditemani LED flash. Di bawah tiga lensa kamera terdapat panel pemindai sidik jari.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Modul kamera Redmmi 9 yang terdiri dari kamera utama 13 MP, ultra-wide 8 MP dan makro kamera 5 MP yang tersusun vertikal. Satu kamera lain yang terpisah adalah depth sensor 2 MP yang ditemani LED flash. Di bawah tiga lensa kamera terdapat panel pemindai sidik jari.

Satu kamera lain yang letaknya terpisah adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.  Seperti beberapa seri Redmi sebelumnya, modul kamera di Redmi 9 juga agak menonjol keluar. Namun, kamera depth sensor dan LED flash terlihat rata dengan punggung.

Baca juga: Redmi 9 Resmi Dirilis, Punya 4 Kamera dan NFC Harga Rp 2,4 Juta

Sementara sisi bawah punggung Redmi 9, seperti biasa nangkring logo Redmi bewarna putih.

Layar Redmi 9 masih menggunakan dot drop display seperti Redmi 8, alias poni mungil untuk rumah kamera depan beresolusi 8 MP. Poni itu tersemat di sisi atas layar berbentang 6,53 inci dengan resolusi full HD Plus.

Desain dot display di Redmi 9 sebagai wadah kamera depan beresolusi 8 MP.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Desain dot display di Redmi 9 sebagai wadah kamera depan beresolusi 8 MP.

Soal konektivitas, Redmi 9 dibekali port USB C untuk mengisi daya baterai yang berkapasitas 5.020 mAh. Di dalam kotak kemasan sudah dibekali charger dengan daya 10 watt. Xiaomi Redmi 9 juga mendukung pengisi daya cepat 18 watt.

Sedikit membahas isi kotak kemasan, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ponsel Xiaomi pada umumnya. Selain ponsel dan charger, terdapat softcase, SIM ejector, dan buku panduan.

Untuk melihat wujud Xiaomi Redmi 9 dari berbagai sisi, kunjungi galeri foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Redmi 9 rencananya akan dirilis secara resmi ke pasar Indonesia oleh Xiaomi pada Selasa (14/7/2020). Acara peluncuran akan digelar secara virtual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com