Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laku Dijual Rp 1,6 Miliar, Ini Kaset Game "Super Mario" Termahal dalam Sejarah

Kompas.com - 13/07/2020, 09:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Untuk sebagian orang, game retro menjadi jenis barang langka yang layak untuk dikoleksi.

Salah satu benda yang paling dicari oleh kolektor game retro saat ini adalah kaset atau cartridge game orisinil Super Mario Bros dari seri konsol Nintendo Entertaintment System (NES).

Sebelumnya, copy kaset game Super Mario Bros tersebut pernah laku dijual dengan harga 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar).

Baca juga: Konsol Game Super Langka Nintendo PlayStation Terjual Rp 5,2 Miliar

Namun baru-baru ini, kopian game retro itu dikabarkan kembali dilelang, dan terjual dengan harga yang fantastis, yakni 114.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 miliar dalam acara lelang yang digelar oleh Heritage Auction.

Dengan demikian, copy game Super Mario Bros tersebut dinobatkan sebagai kaset game retro paling mahal sepanjang sejarah.

Informasi tersebut pertama kali diumumkan oleh Chris Kohler, seorang jurnalis media The Verge. Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui identitas pemenang lelang yang berhasil meminang game lawas tersebut.

Rupanya ada beberapa faktor yang membuat cartridge tersebut memiliki harga yang selangit. Pertama, kaset game itu masih dilapisi oleh stiker original dan masih disegel rapat.

Menurut Heritage Auction, cartridge tersebut telah dinilai oleh para ahli dan mendapatkan skor 9,4 dari 10, yang menunjukkan cartridge masih dalam kondisi yang sempurna.

Baca juga: Tujuh Ponsel Jadul yang Kini Dijual Mahal

Kedua, kaset yang dilelang itu merupakan versi uji coba pasar yang dirilis dengan jumlah terbatas untuk perangkat NES pada pertengahan 1980 silam di New York dan Los Angeles.

Dengan demikian, agaknya memang tak aneh jika kaset game itu memiliki banderol harga yang fantastis. Super Mario Bros bukanlah satu-satunya judul game Nintendo yang diperebutkan oleh para kolektor.

Pada 2014 lalu, kopian game Nintendo World Championship berhasil terjual dengan harga 100.088 dollar AS (Rp 1,4 miliar).

Sama seperti Super Mario Bros, alasan tingginya harga game diakibatkan oleh terbatasnya jumlah produksi.

Dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin (13/7/2020), Nintendo World Championship hanya memiliki 116 salinan game sejak pertama kali dibuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com