Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren WFH Dongkrak Penjualan PC Dunia Kuartal II-2020

Kompas.com - 13/07/2020, 15:05 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat mengalami penurunan pada awal pandemi Covid-19, kini penjualan perangkat PC secara global kembali berangsur pulih.

Menurut laporan firma riset Gartner dan IDC, total pengiriman PC dunia meningkat antara 2,8 persen hingga 11,2 persen di kuartal II-2020.

IDC mengatakan bahwa, permintaan PC yang meningkat dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengguna untuk menunjang produktivitas mereka selama masa karantina, seperti work from home atau e-learning.

Baca juga: Jumlah Pengiriman PC Global Diprediksi Turun gara-gara Covid-19

Riset Gartner

Berdasarkan hasil riset Gartner, pengiriman PC di seluruh dunia meningkat di angka 2,8 persen menjadi 64,8 juta unit di kuartal II-2020.

Hasil riset market share perangkat PC global yang dirilis Gartnerventurebeat.com Hasil riset market share perangkat PC global yang dirilis Gartner

Adapun enam vendor PC teratas diantaranya yaitu Lenovo (+0,3 persen), Hewlett Packard HP (+3,0 persen), Dell (-0,5 persen), Apple (+0,1 persen), Acer (+0,9 persen), dan Asus (+0,8 persen).

Jika dilihat dari tabel di atas, Dell mengalami penurunan market share dari 16,9 persen menjadi 16,4 persen pada kuartal II-2020.

Riset IDC

IDC memperkirakan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia meningkat 11,2 persen menjadi 72,3 juta unit pada kuartal II-2020.

Hasil riset market share perangkat PC global yang dirilis IDCventurebeat.com Hasil riset market share perangkat PC global yang dirilis IDC

Lima vendor teratas berdasarkan hasil riset IDC diantaranya Hewlett Packard HP (+ 1,4 persen), Lenovo (-0,8 persen), Dell (-1,3 persen), Apple (+ 1,4 persen), dan Acer (+ 0,1 persen).

Baca juga: Inilah Fugaku, Komputer Tercepat di Dunia dari Jepang

Berbeda dengan yang dirilis oleh Gartner, pada tabel di atas, Hewlett Packard (HP) justru menduduki posisi pertama kemudian Lenovo di urutan kedua.

Dihimpun KompasTekno dari Venture Beat, Senin (113/7/2020), hadirnya Windows 10 juga berpengaruh terhadap pasar bisnis PC di tahun 2019. Apalagi mengingat bahwa Microsoft pun telah menghentikan dukungan pada Windows 7 sejak bulan Januari lalu.

Di tahun 2020 ini, perangkat berbasis 5G dan teknologi dual screen juga diharapkan mampu mendongkrak pangsa pasar PC di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com