Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PUBG Mobile Punya Mekanisme Anti-Cheat Baru

Kompas.com - 15/07/2020, 16:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak sedikit pemain PUBG Mobile yang menghalalkan berbagai cara untuk meraih chicken dinner. Salah satunya adalah melakukan kecurangan lewat Spectate Mode (mode penonton).

Untuk melakukan kecurangan ini, pemain umumnya akan menggunakan dua buah ponsel berbeda dalam satu kali pertandingan.

Satu ponsel digunakan sebagai akun utama. Akun ini nantinya yang akan dimainkan secara normal oleh pemain. Sementara satu ponsel lainnya akan berfungsi sebagai akun pengintai.

Akun pengintai ini akan diatur menjadi Spectator (penonton) dan menggunakan plug-in x-ray vision, sehingga dapat memberikan pantauan yang jelas pada area pertandingan.

Dengan demikian, pemain dapat mengetahui posisi dan lokasi musuh secara lewat ponsel lain yang bertindak sebagai Spectator tersebut.

Pengembang PUBG Mobile, Tencent, juga mengatakan bahwa banyak pemain yang menggunakan cara ini untuk mengawasi pergerakan musuh.

Baca juga: Turnamen Internasional PUBG Mobile Ditunda Gara-gara Masalah Login

Untuk mengantisipasi cara curang tersebut, pihak PUBG Mobile menerapkan mekanisme anti-cheat baru pada Spectate Mode.

Sistem baru ini dapat membuat pemain yang berada dalam mode Spectator, menyaksikan situasi dan sudut pandang yang serupa dengan apa yang dilihat oleh pemain aktif.

Dengan demikian, pemain tak lagi dapat memanfaatkan mode ini untuk memantau lokasi serta pergerakan musuh.

Tencent juga mengklaim bahwa mekanisme ini akan memantau data secara real-time. Sehingga, pemain tak lagi bisa memodifikasi data game menggunakan plug-in tambahan.

Dirangkum KompasTekno dari Gadget 360, Selasa (14/7/2020), Tencent juga telah menangani trik curang one-shot-kill yang bisa membunuh pemain lain secara instan.

Demi menjaga game tetap dalam lingkungan persaingan yang sehat, Tencent mengaku tak segan untuk menghukum para pemainnya.

Baca juga: PUBG Mobile Dapat Peta Eksklusif Livik, Apa Istimewanya?

Lebih lanjut, pengembang game asal China itu mengancam bakal menon-aktifkan (ban) akun hingga 10 tahun lamanya bagi pemain yang kedapatan menggunakan cheat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com