Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 13.6 Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur Barunya

Kompas.com - 17/07/2020, 09:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Apple merilis pembaruan sistem operasi iOS 13.6 untuk
perangkat yang kompatibel dengan iOS 13. Sistem operasi ini merupakan pengganti iOS 13.5.5 beta yang sebelumnya sudah dirilis oleh Apple.

Dalam iOS 13.6, Apple membawa fitur baru yang belum ada di iOS sebelumnya yaitu Carkey. CarKey merupakan salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan bersama iOS 14 dalam ajang WWDC 2020.

Seperti namanya, CarKey mampu menyulap perangkat iPhone menjadi kunci mobil untuk membuka pintu dan menyalakan mesin.

Baca juga: iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil, Bagaimana Jika Baterainya Habis?

CarKey bekerja dengan memanfaatkan teknologi NFC yang tertanam di iPhone dan beberapa mobil keluaran terbaru. Pengguna pun cukup mendekatkan iPhone ke bagian NFC yang biasanya terletak di handle untuk membuka pintu secara nirkabel.

CarKey juga bisa membantu pengguna yang ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain tanpa perlu memberikan kunci fisik. Sebuah kunci digital CarKey bisa dibagikan ke lima orang kontak lewat iMessage.

Adapun fitur lain yang ada di iOS 13.6 yaitu Apple News Plus Audio. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membaca dan menelusuri kumpulan majalah digital dan berita lokal yang tersedia di dalam aplikasi Apple News.

Apple News Plus Audio juga menawarkan pengguna untuk memilih berita yang disesuaikan dengan kesukaan mereka melalui tautan yang dapat dipilih pada opsi pengaturan berita.

"Apple News akan memberikan lebih banyak lagi tulisan jurnalistik. Kami senang membawa perubahan baru pada Apple News Plus Audio dengan menampilkan berita harian terbaru lewat kanal Apple News Today," kata Lauren Kern, Editor In Chief Apple News.

Apple News Today sendiri merupakan kanal yang menampilkan berita harian utama terbaru yang telah dikurasi oleh editor Apple News.

Baca juga: Pengguna iPhone Sudah Bisa Jajal iOS 14, Begini Caranya

Tab Audio pada Apple News Today dan Apple News Plus juga menyediakan opsi CarPlay yang memungkinkan pengguna mendengarkan berita saat berada dalam perjalanan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Jumat (17/7/2020).

Karena masih tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat, maka berita lokal yang ditampilkan bersumber dari liputan di beberapa wilayah, seperti San Francisco, Bay Area, Los Angeles, Houston, dan New York City.

Selain itu, aplikasi Apple Health di iOS 13.6 kini memungkinkan pengguna untuk melacak gejala kesehatan, seperti sakit kepala, demam, dan sakit tenggorokan.

Selain iOS 13.6, Apple turut merilis update macOS 10.15.6, tvOS 13.4.8, watchOS 6.2.8, dan audioOS 13.4.8 untuk HomePod.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com