Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Kedatangan Fitur Chatting dan Video Call

Kompas.com - 20/07/2020, 09:32 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak sedikit aplikasi yang menggelontorkan sederet fitur anyar untuk mempermudah penggunanya bekerja dari rumah (work from home/WFH), termasuk Gmail.

Pekan ini, platform surat elektronik besutan Google tersebut dipastikan akan kedatangan sejumlah fitur baru. Beberapa di antaranya adalah tab untuk "Chat", "Rooms", hingga "Meet".

Vice President & GM, G Suite Google, Javier Soltero, mengatakan bahwa fitur baru ini dihadirkan untuk membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Sebab, menurut Javier, banyak pengguna yang mengaku produktivitas mereka terganggu jika mereka berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya demi menyelesaikan suatu pekerjaan.

Oleh karena itulah Google pun melakukan perombakan besar pada Gmail dengan mengintegrasikan e-mail dengan layanan komunikasi. 

Baca juga: Google Meet Bisa Diakses Lewat Gmail Android dan iOS

"Satu hal yang terus kami dengar dari pengguna kami adalah bagaimana proses perpindahan antar aplikasi mengganggu kelancaran kerja serta fokus mereka," ujar Javier sebagaimana dikutip KompasTekno dari Google Blog, Senin (20/7/2020).

 

Fitur Chat, Rooms, dan Meet di aplikasi Gmail.Google Fitur Chat, Rooms, dan Meet di aplikasi Gmail.
Nantinya, tab Chat yang tersedia di bagian bawah, dapat diakses ketika pengguna ingin melakukan percakapan dengan kerabat.

Sementara tab Rooms dapat digunakan untuk berbagi file antar rekan kerja. Sedangkan Meet bisa diakses ketika pengguna ingin memakai layanan video telekonferensi.

Selain itu, Google juga akan memindahkan fitur-fitur inti pada Gmail ke dalam satu tab khusus bernama "Mail".

Pengguna pun bisa dengan mudah mengakses tab yang diinginkan, sesuai dengan aktivitas mereka, tanpa harus membuka banyak aplikasi.

"Misalnya, pengguna bisa dengan mudah melakukan panggilan video dari sebuah percakapan, meneruskan percakapan ke kotak masuk, serta membuat jadwal atau tugas yang ingin dikerjakan berdasarkan percakapan yang ada di Chat," imbuh Javier.

Baca juga: Pengguna Gmail Kebanjiran E-mail Sampah, Ini Sebabnya

Contoh lainnya, pengguna tak perlu repot-repot membuka atau memasang aplikasi Meet untuk melakukan rapat virtual. Sebab, dengan fitur anyar ini, layanan berbasis video itu bisa dinikmati secara langsung di aplikasi Gmail.

Meski diumumkan, belum diketahui kapan fitur-fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna Gmail secara umum. Yang jelas, ketika nanti meluncur, fitur tersebut hanya tersedia bagi pengguna Gmail, baik versi mobile atau web, yang berlangganan layanan G Suite saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com