Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Zoom, Facebook Messenger Kini Punya Fitur "Screen Sharing"

Kompas.com - 22/07/2020, 15:05 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang banyak dipakai di aplikasi telekonferensi populer, Zoom, adalah screen sharing yang memungkinkan pengguna meneruskan tampilan layar perangkatnya ke peserta rapat.

Seolah tak mau ketinggalan, aplikasi pesan instan Facebook Messenger belakangan menambahkan fitur serupa untuk para penggunanya di platform Android dan iOS. Jika pengguna mengakses lewat web atau desktop, screen sharing tersedia di Messenger Rooms.

Fitur screen sharing  bermanfaat saat pengguna ingin melakukan presentasi atau menampilkan konten apa saja di hadapan partisipan lain secara online.

Host dalam panggilan video grup juga dimungkinkan untuk mengontrol penggunaan fitur screen sharing dan membatasi siapa saja peserta yang dapat menggunakan fitur ini.

Baca juga: Begini Cara Mute Mikrofon Otomatis di Zoom saat Gabung Rapat

Jika diakses melalui aplikasi mobile, pengguna dapat membagikan tampilan layar ke delapan peserta dalam panggilan video grup. Sedangkan jika mengakses lewat desktop via Messenger Room, fitur screen sharing mendukung hingga 16 peserta.

Dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Rabu (22/7/2020), Facebook juga berencana akan menambah cakupan jumlah partisipan pada panggilan video grup untuk dapat berbagi layar ke 50 orang sekaligus.

Sebelumnya pada bulan Juli lalu, tanda-tanda integrasi antara WhatsApp dengan Facebook Messenger mulai terlihat. Sejumlah fungsi WhatsApp dikabarkan bisa langsung diproses dari dalam aplikasi Messenger.

Seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi juga sempat membagikan rumor bahwa percakapan yang terjadi di aplikasi Messenger disinyalir akan dapat diakses lewat aplikasi Instagram.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Lewat unggahannya, ia mengungkap ada menu "Get Messenger in Instagram" di halaman pengaturan Instagram.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Facebook nantinya bakal mengintegrasikan layanan Messenger dan Instagram yang memungkinkan pengguna di kedua platform tersebut saling berkomunikasi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com