Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Ancam Persulit Nokia dan Ericsson Kalau Huawei Diblokir

Kompas.com - 22/07/2020, 16:12 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perseteruan antara Pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan Huawei tampaknya telah memicu sebuah konflik baru antara kepentingan bisnis Eropa dan Negeri Tirai Bambu.

Kali ini Pemerintah China turun tangan langsung dengan mengancam bakal menjegal dua pemain industri telekomunikasi dari Benua Biru, Nokia dan Ericsson, apabila Huawei dblokir di Eropa.

Kementerian Perdagangan China mengatakan bakal menerapkan kontrol ekspor yang bisa mempersulit Nokia dan Ericsson dalam mengirim produk-produk mereka yang dibuat di China ke negara lain.

Baca juga: AS Anggap Huawei dan ZTE sebagai Ancaman Nasional

Reaksi China muncul setelah pemerintah Inggris beberapa waktu lalu memerintahkan para operator telekomunikasi di negaranya untuk tidak membeli komponen jaringan 5G dari Huawei.

Perangkat-perangkat jaringan bikinan Huawei juga mesti dicopot sehingga ditargetkan tidak lagi ada di jaringan telekomunikasi Inggris pada 2027 mendatang.

Pemerintah China rupanya khawatir negara-negara lain di Uni Eropa bakal mengikuti langkah Amerika Serikat dan Inggris, dua sekutu yang sudah lebih dulu mencekal Huawei.

Apabila Huawei dilarang di Eropa, maka dua kompetitor Huawei di ranah telekomunikasi, Nokia dari Finlandia dan Ericsson dari Swedia, bakal menjadi pihak yang diuntungkan.

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Rabu (22/7/2020), China hanya akan mewujudkan ancamannya dalam skenario terburuk saja, apabila pabrikan China -seperti Huawei- benar-benar diblokir oleh negara-negara Eropa.

Nokia dan Ericsson belum mengeluarkan tanggapan atas ancaman China. Uni Eropa sejauh ini masih belum melarang peredaran perangkat Huawei yang oleh AS dianggap sebagai alat mata-mata pemerintah China.

Baca juga: Mantan Bos Google Ungkap Alasan AS Menyerang Huawei

Namun, otoritas Uni Eropa sudah memberlakukan "toolbox" berisi standar keamanan yang harus diikuti oleh suatu negara di benua itu, jika menggunakan perangkat buatan pemasok "berisiko tinggi" untuk membangun jaringan 5G

Kecurigaan terhadap Huawei bermula dari AS yang menuding bahwa perangkat-perangkat jaringan buatan perusahaan tersebut berfungsi sebagai alat mata-mata, yang menyadap dan meneruskan informasi ke pemerintah China.

Pada Mei 2019, Departemen Perdagangan AS resmi memasukkan nama Huawei ke dalam daftar hitam "Entity List" sehingga tidak diperkenankan membeli produk dari perusahaan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com